getting date ...
Online Users

Pati Polri Berebut Jabatan Kabareskrim

Dibaca : 1257 x
edison

Halo Polisi

Jum'at, 10 Juni 2011 14:31 WIB

ist.

beritabatavia.com - Sejumlah pos strategis ditubuh Polri bakal lowong, bahkan beberapa diantaranya sudah ada yang kosong, karena pejabat sebelumnya memamasuki masa pensiun. Namun, hingga saat ini Kapolri Jenderal Timur Pradopo belum menunjuk perwira tinggi (Pati)Polri untuk menduduki posisi tersebut.
Seperti jabatan Wakabareskrim yang sebelumnya dijabat Irjen Matius Salempang, sudah memasuki masa pensiun pada 9 Juni lalu. Kemudian, Deputy Operasi Polri yang sudah ditinggal pensiun oleh Irjen Sunarko yang sudah pensiun sejak 16 Mei lalu.
Sementara Kabareskrim Komjen Ito Sumardi akan memasuki masa pensiun pada 16 Juni mendatang. Kabarnya posisi yang ditinggalkan Ito Sumardi akan diperebutkan oleh sejumlah Pati Polri. Diantaranya, Irjen Bambang Widaryatmo (Kapolda Kaltim lulusan Akpol 1978), Irjen Sutarman (Kapolda Metro Jaya lulusan Akpol 1981) dan Irjen Badroedin Haiti (Korsahli Kapolri lulusan Akpol 1982),serta Irjen Iskandar Hasan (Kapolda Aceh lulusan Akpol 1980).

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta Pane mengatakan, dar keempat calon yang bersaing ketat hanya ada dua yang menjadi calon kuat, yakni Irjen Bambang dan Irjen Sutarman. Bambang dikenal sebagai tim sukses inti Timur Pradopo saat menjadi calon Kapolri. Sedangkan Sutarman adalah mantan ajudan Presiden Gus Dur yang dikenal dekat dengan Presiden SBY.

Namun dari sisi pengalaman bertugas, kata Neta, hanya Badroedin Haiti yang tergolong sarat  pengalaman. Saat berpangkat Kombes, Badroedin pernah menjadi Kapolda Banten. Kemudian menjadi Kapolda Sulteng, Kapolda Sumut, dan Kapolda Jatim. Badroeddin juga beberapa kali menjadi staf ahli Kapolri dan kini sebagai Korsahli.

Posisi berikutnya adalah Sutarman, setelah menjadi Kapolwiltabes Surabaya, dia menjadi Kapolda Kepri sekaligus  meraih pangkat Brigjen. Dari Kepri, Sutarman menjadi Kepala Slapa, Kapolda Jabar, dan Kapolda Metro.

Dari segi usia Badroedin tergolong paling muda. Dia kelahiran 24 Juli 1958. Posisi berikutnya Sutarman kelahiran 5 Oktober 1957. Iskandar Hasan kelahiran 1 Mei 1955, dan Bambang sebagai calon tertua,  kelahiran 13 Juni 1954.

Sebelum menjadi Kapolda Kaltim, Irjen Bambang Widaryatmo menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Polri. Bambang juga cukup lama bertugas sebagai penyidik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

IPW berharap, Kapolri hendaknya memilih Pati untuk menduduki jabatan strategis Polri berdasarkan kompetensi. Sehingga dapat memilih figur yang berpengalaman, berintegritas dan berkomitmen mendorong reformasi Polri.

Neta meminta, agar Kapolri Jenderal Timur Pradopo tidak terpengaruh dengan manuver para politisi maupun kelompok pengusaha hitam dalam menyukseskan calonnya. Apalagi, posisi Kabareskrim sangat strategis, mengingat banyaknya kasus kejahatan kerah putih, kejahatan koorporasi, pencucian uang, suap, dan kasus yang menyangkut aksi-aksi pengusaha hitam lainnya.
Diharapkan, Kabareskrim yang baru dapat menjaga profesionalitas dan soliditas Polri ke depan hingga makin terbangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri. 0 son

Komentar

KANAL OLAH RAGA

Riedl: Semoga Keberuntungan Berlanjut


Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2016, di stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12). Pelatih timnas Indonesia Alfred Rield menyebut, timnas Garuda sedang dinaungi keberuntungan karena mampu ...

Kanal Ekbis

Presiden Jokowi Optimistis Ekonomi Membaik

Saat  kunjungannya ke Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara mendadak mengunjungi e-Walk yang berada di kawasan Balikpapan Superblock, Minggu (4/12) malam  sekitar pukul 20.05 WITA.

‘Blusukan’ ke mal ini dimanfaatkan Presiden untuk melihat ...

Kanal Nasional

Empat Penumpang Batik Air Tertangkap Bawa 3 Kg Sabu


Petugas Bandara Kualanamu mengamankan empat calon penumpang pesawat Batik Air yang membawa narkoba jenis sabu-sabu seberat 3 kilogram pada hari ini, Senin (5/12). Keempat calon penumpang itu adalah ER (29), EY (25), TS (34), dan ...