Jumat, 02 Maret 2012 08:48:09

Nutricia Ikut Gunduli Hutan Indonesia

Nutricia Ikut Gunduli Hutan Indonesia

Beritabatavia.com - Berita tentang Nutricia Ikut Gunduli Hutan Indonesia

Sebuah laporan mengejutkan datang dari negeri kincir Angin, Belanda. Dilaporkan, produsen makanan bayi, Nutricia, bagian dari perusahaan makanan ...

 Nutricia Ikut Gunduli Hutan Indonesia Ist.
Beritabatavia.com - Sebuah laporan mengejutkan datang dari negeri kincir Angin, Belanda. Dilaporkan, produsen makanan bayi, Nutricia, bagian dari perusahaan makanan internasional Danone, ikut bertanggung jawab atas penebangan hutan tropis Indonesia.

Nutricia menggunakan bahan kemasan dari perusahaan Asia Pulp & Paper (APP), yang terkenal terkait pemusnahan besar-besaran hutan Indonesia.

Demikian organisasi lingkungan hidup Greenpeace dalam pernyataan mereka, Kamis (1/3). Greenpeace menemukan kemasan susu formula Nutrilon mengandung serat kayu keras tropis. Organisasi lingkungan tersebut memohon Nutricia memutus hubungan dengan APP, dan beralih menggunakan kertas ramah lingkungan.

Investigasi penyamaran Greenpeace pada pabrik bubur kertas APP di Sumatra menunjukkan, pabrik terbesar ketiga di dunia ini secara sistematis melanggar hukum Indonesia.

Kayu pohon ramin, yang dilindungi undang-undang dan juga dilindungi dalam CITES (kesepakatan PBB untuk melindungi spesies-spesies yang terancam), dicampur oleh APP dengan kayu hutan lainnya dan dibuburkan di pabrik.

Selama satu tahun Greenpeace mengambil sampel kayu siap diproses. Sampel itu dikirim ke laboratorium di Jerman, yang membenarkan kayu berasal dari pohon ramin.

Nutricia membeli kertas yang berasal dari pabrik bubur kertas yang sama.

Pohon ramin tumbuh di tanah gambut. Sejak diberlakukannya pelarangan penebangan ramin tahun 2001, APP menebang lebih dari 180.000 hektare hutan gambut.

Tanah gambut mengandung banyak sekali CO2 dan juga merupakan habitat harimau Sumatra, satwa langka yang hampir punah. Saat ini, hanya sekitar 400 harimau Sumatra yang hidup di alam liar.

APP mengatakan, menerapkan kebijakan zero toleransi terhadap kayu yang ditebang secara ilegal. Tapi, menurut Greenpeace itu omong kosong. Greenpeace Indonesia telah menyerahkan barang buktinya kepada pihak berwenang. 

Sekali lagi jelas APP tidak peduli terhadap hutan dan lingkungan. Perusahaan seperti Nutricia yang membuat makanan bayi dan menjunjung tinggi tanggung jawab sosial, seharusnya tidak berbisnis dengan perusahaan kertas yang melanggar hukum, kata pemimpin kampanye Greenpeace Belanda, Kees Kodde.

Karena itu, semakin sedikit perusahaan yang mau berbisnis dengan APP. Sebelumnya, Unilever, Mattel/Barbie, Lego, ING dan Wolters Noordhof memutus semua hubungan dengan APP.

Tahun lalu, perusahaan raksasa ini berusaha memulihkan citranya dengan memasang iklan penuh gambar alam antara lain di Belanda. Namun, Komisi Kode Iklan Belanda (RCC) menghentikan kegiatan itu karena dianggap menipu.

Pada Kamis (1/3) kemarin, Greenpeace memulai petisi online yang ditujukan terhadap Nutricia dan perusahaan-perusahaan lain yang masih berbisnis dengan APP. Radio Nederland (RN) berusaha menghubungi juru bicara APP, tapi hingga berita ini diturunkan, tidak berhasil.

Produk Nutricia yang beredar di Indonesia antara susu bayi Bebelac, Nutrilion, susu ibu hamil Nutrima
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 31 Januari 2024
Kamis, 11 Januari 2024
Rabu, 10 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Rabu, 27 Desember 2023
Sabtu, 25 November 2023
Sabtu, 25 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023