Senin, 04 Mei 2015 14:38:31

Anggun C Sasmi Dihujat

Anggun C Sasmi Dihujat

Beritabatavia.com - Berita tentang Anggun C Sasmi Dihujat

Gara-gara membela gembong narkoba asal Perancis dieksekusi mati di LP Nusakambangan, Anggun Cipta Sasmi dihujat di media sosial. Penyanyi yang kini ...

 Anggun C Sasmi Dihujat Ist.
Beritabatavia.com - Gara-gara membela gembong narkoba asal Perancis dieksekusi mati di LP Nusakambangan, Anggun Cipta Sasmi dihujat di media sosial. Penyanyi yang kini berkewarganegaraan Prancis menulis surat terbuka Anggun untuk Presiden Jokowi yang meminta grasi terhadap Serge Atlaoui, warga negara Prancis terpidana mati kasus narkotika.

Dalam surat yang diunggah Rabu 22 April lalu melalui akun resmi Facebooknya, Anggun menulis bahwa hukuman mati bukan satu solusi untuk menurunkan tingkat kriminalitas. Hukuman mati adalah kegagalan sisi kemanusiaan juga hilangnya nilai nilai hukum keadilan, kata Anggun.

Sejumlah surat balasan terbuka pun muncul di media sosial seperti yang dibuat penulis Ayu Utami dan seorang ibu rumah tangga. Anggun menyatakan tidak peduli dengan kecaman yang datang terhadapnya. Dia menyatakan tetap teguh dengan pendiriannya menolak hukuman mati.

Sebuah surat terbuka kembali dia unggah di akun Facebooknya pada 2 Mei 2015. Dia kembali menjelaskan posisinya yang menentang hukuman mati dan menentang peredaran narkoba. Anggun menegaskan, sikapnya itu tidak ada kaitannya dengan kedaulatan Indonesia. Ini hati saya yang berbicara, tulis Anggun.

Berikut isi lengkap surat terbuka Anggun, Senin (4/5/2015):

To the People of Indonesia.

Belakangan ini ada kontroversi tentang opini saya mengenai hukuman mati yang kebanyakan datang dari hujatan netizen di social network dan ini penjelasan saya.

Saya adalah seorang ibu, darah saya 100% Indonesia. Seorang ibu yang mencintai anaknya seperti layaknya semua ibu di Indonesia. Dan tentunya saya menolak, berperang dan membenci Narkoba juga semua pihak yang membantu membuat atau menjualnya. Narkoba adalah musuh manusia yang menghancurkan hidup dan memecahkan keluarga. Narkoba memperkayai mafia juga orang yang gemar korupsi dibelakang kepedihan orang-orang kecil. Tentu saja saya berdiri di sisi korban dan di sisi semua orang yang membenci Narkoba. Mereka yang membuat dan menjual racun Narkoba harus di adili dan harus diberi hukuman yang seberat-beratnya di penjara.

Saya juga seorang pembela Hak Asasi Manusia. Saya bekerja sama dengan PBB sebagai Goodwill Ambassador dan dalam Universal Deklarasi Hak Asasi Manusia tertulis larangan membunuh manusia. Saya sangat percaya bahwa kita tidak bisa membasmi kriminalitas dengan membunuh orang-orang yang terlibat dalam kejahatan. Nyawa yang dibalas nyawa tidak akan mengembalikan hidup korban. Kematian bukanlah keadilan. Untuk saya, hanya Allah semata yang mempunyai hak atas hidup dan mati manusia.

Saya ingin hukuman yang setimpal dan seberat-beratnya kepada para kriminal. Saya membenci koruptor yang membantu bandar Narkoba menjalankan bisnis penjualan bahkan lewat penjara. Saya ingin adanya proyek bantuan kepada keluarga dari korban Narkoba, seperti Ibu Ephie Craze yang surat terbukanya amat dan sangat menyentuh saya.

Saya berada di posisi yang sama seperti semua ibu dan istri yang akan selalu berada di sisi korban Narkoba. Tetapi saya juga menolak hukuman mati karena tidak manusiawi dan tidak berhasil membasmikan kejahatan.

Berpendapat seperti ini bukan berarti menyangkal darah yang mengalir di nadi saya atau mempertanyakan kedaulatan Indonesia yang saya hormat dan cintai. Ini hati saya yang berbicara.

Semoga Allah memberkati.

Anggun
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 03 September 2021
Senin, 19 Juli 2021
Jumat, 23 Oktober 2020
Kamis, 03 September 2020
Jumat, 17 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Rabu, 26 Februari 2020
Jumat, 31 Januari 2020
Rabu, 15 Januari 2020
Selasa, 14 Januari 2020
Jumat, 10 Januari 2020
Rabu, 08 Januari 2020