Senin, 25 Januari 2016

DKI Jakarta Petakan 57 Lokasi Rawan Banjir

DKI Jakarta Petakan 57 Lokasi Rawan Banjir

Beritabatavia.com - Berita tentang DKI Jakarta Petakan 57 Lokasi Rawan Banjir


Pemprov DKI Jakarta menyiapkan berbagai upaya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir mengingat diprediksi awal Februari ini hujan ...

Ist.
Beritabatavia.com -
Pemprov DKI Jakarta menyiapkan berbagai upaya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir mengingat diprediksi awal Februari ini hujan besar akan melanda Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya sejauh ini sudah memetakan sebanyak 57 lokasi rawan banjir beserta dengan jalan keluar bagaimana menghadapi ancaman banjir dan langkah apa yang harus dilakukan.

"Kami kan sudah lakukan pengerjaan semua saluran penghubung. Di Jakarta ada 13 sungai utama yang kita hubungkan dengan saluran penghubung Phb itu ada sekitar 1.085, kalau tidak salah," ujar Basuki di Balai Kota, Senin (25/1).

Pasalnya selama ini, kata Basuki, banyak saluran penghubung yang tertutup. Padahal, keberadaan saluran ini sangat penting untuk bisa mengalirkan air hujan hingga ke kali atau sungai. Karena itu, pihaknya bekerja dengan melakukan penggalian dan pembersihan di saluran-saluran tersebut. Salah satunya yang menyebabkan saluran tertutup itu adalah karena tertutup jalan atau bangunan liar.

Contohnya seperti di kawasan Matraman dan Cengkareng yang pasti akan tergenang karena banyak saluran yang tertutup. Salah satu penyebab yang menutupi adalah utilitas. "Memang yang paling masalah kalau hujan terus-menerus dan laut lagi pasang karena tanggul 65 kilometer belum siap semua, tapi begitu dia surut pasti airnya turun karena rendah jadi kayak mangkok," ujarnya.

Oleh karena masih banyak saluran yang bermasalah, pihaknya akan menyisir kembali mulai dari yang tertutup aspal hingga kali-kali yang terhubung ke saluran penghubung yang mulai sempit. "Saya contohkan di kawasan Gatot Subroto yang juga terjadi genangan akibat banyaknya gedung baru yang tidak membangun penangkap air atau water trap. Termasuk juga keberadaan saluran utilitas yang tidak membuat saluran sendiri sehingga ditaruh di selokan," ungkapnya. o day


Berita Lainnya
Rabu, 02 Oktober 2019
Selasa, 01 Oktober 2019
Sabtu, 28 September 2019
Kamis, 26 September 2019
Minggu, 22 September 2019
Jumat, 20 September 2019
Senin, 16 September 2019
Minggu, 15 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Selasa, 10 September 2019
Senin, 09 September 2019
Kamis, 05 September 2019