Kamis, 17 Maret 2016 16:01:27

Sila Kelima Pancasila Bebek Nungging, Zaskia Gotik Diancam 5 Tahun Bui

Sila Kelima Pancasila Bebek Nungging, Zaskia Gotik Diancam 5 Tahun Bui

Beritabatavia.com - Berita tentang Sila Kelima Pancasila Bebek Nungging, Zaskia Gotik Diancam 5 Tahun Bui

Gara-gara  menghina lambang negara dalam sebuah acara di TV swasta, dengan menyebut lambang sila kelima Pancasila adalah bebek nungging. Juga ...

Sila Kelima Pancasila Bebek Nungging, Zaskia Gotik Diancam 5 Tahun Bui Ist.
Beritabatavia.com - Gara-gara  menghina lambang negara dalam sebuah acara di TV swasta, dengan menyebut lambang sila kelima Pancasila adalah bebek nungging. Juga menyebut proklamasi Indonesia dibacakan setelah adzan subuh, tanggal 32 Agustus, akhirnya berbuntut panjang.

Selain mendapat caci maki di media sosial, Zaskia Gotik pedangdut terkenal dengan goyangan itiknya - dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan pelecehan terhadap lambang negara. Pelapornya, Ketua umum LSM Komunitas Pengawas Korupsi Muhammad  Firdaus dengan melaporkan ke Polda Metro Jaya. Kedatangannya merasa terpanggil sebagai masyarakat yang mencintai perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kami sebagai anak bangsa melaporkan saudara ZG ke Polda Metro Jaya dengan sangkaan pasal 57 UU No 24 tahun 2009 tentang penghinaan dan atau pelecehan lambang negara yang ancaman hukumannya selama lima tahun penjara, ujar Firdaus di depan gedung SPK, Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (17/3).

Firdaus memaparkan laporan terhadap ZG, adalah terkait sebuah segmen di salah satu televisi swasta yang dimana jawaban ZG dianggap melecehkan negara. Misalnya kata dia, saat ditanya  hari kemerdekaan Indonesia tanggal berapa, justru dijawabnya setelah Adzan Subuh tanggal 32 Agustus.  Bahkan saat ditanya lambang Pancasila Sila ke lima, ZG juga menjawab bebek nungguin. Padahal aktris seperti Ayu Tinting dan Julia Perez menjawab Padi dan Beringin.

Terus sila kelima logonya apa, dia bilang bebek nungging. Itu kan padi dan kapas. Ini kan sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kita ini, seluruh rakyat Indonesia sedang cari keadilan, seakan-akan (dia) menyepelekan, ujar Firdaus.

Saat ditanyakan perihal latar belakang pendidikan Zaskia, Firdaus mengatakan tetap tidak bisa memaklumi. Menurut dia semua hal yang berbau identitas negara di mana di belakangnya ada sejarah perjuangan yang panjang tidak bisa disepelekan oleh siapa pun dan alasan apa pun.

Bukan masalah maklum memaklumi, kita harus lakukan introspeksi. Bahwa perjuangan bangsa Indonesia tidak dianggap sepele. Kita harusnya ikut merasakan saat kakek moyang diseret-seret Belanda, Jepang, diperkosa, dicacimaki, ditonjok, dirante. Itu harus tau, itu sejarah kelam bangsa Indonesia dan ZG engga boleh sembarangan ngomong. Dan apa yang diomongkan itu penghinaan terhadap negara, ujarnya.

Dilanjutkan, Zaskia Gotik tidak boleh sembarangan. Apapun yang terjadi dia harus mengerti dan bersujud bila perlu dia harus mencium merah putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya 1.000 kali baru bisa mengobati hati. Ini lambang negara, harus dijunjung tinggi, cetus Firdaus

Menurutnya, sebagai publik figur yang dikenal banyak orang, tak sepantasnya Zaskia bercanda dengan menyinggung bangsa dan negara. Untuk menimbulkan efek jera agar tidak bercanda berlebihan, Zaskia harus diproses secara hukum.

Barang buktinya itu bisa ditonton bersama saat acara di salah satu tv. Kami cinta negara ini. Kami mau diberikan hukuman biar siapapun yang menghina bangsa Indonesia menjadi jera, tidak boleh sembarang apalagi menghina negara kita. Negara kita negara solid, sampai saat ini menjadi negara terbaik di Asia, tutupnya.

Disinggung nantinya apakah nantinya masih bisa dilakukan damai, pihaknya akan melihat terlebih dahulu upaya apa saja yang dilakukan Zaskia, sebab ini sudah menyangkut seluruh Indonesia. Kalau damai, kita lihat dulu damainya seperti apa. Kan ini seluruh indonesia sudah terhina. Harusnya kita sebagai penerus menghargai itu bukan malah melecehkan. Minta maaf boleh saja, tapi kami akan lalukan pertimbangan lainnya, ungkapnya.

Kanit I Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kompol Nico Setiawan menegaskan penyidik Polda Metro Jaya akaln menindaklanjuti laporan penghinaan terhadap lambang negara.  Jadi setelah patroli cyber kita melihat, membaca ada keluhan keresahan di masyarakat terkait salah satu artis yang sedikit menghina terkait sila kelima, makanya kita coba buatkan laporan informasi dan kita lanjuti lagi. Kalau bicaranya masalah terpenuhi unsur atau tidak, ya nanti kita lakukan penyelidikan, ujar Kompol Nico,

Dilanjutkan, kasus ini akan arahkan ke undang-undang nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa maupun kebangsaan, serta akan coba kaitkan ke pasal 158 KUHP. Dan untuk laporan ini, nanti laporan yang dibuat atas laporan kita sendiri. Model A. Jadi kalo dari kita mungkin adanya nanti laporan dari masyarakat ini langsung mendukung kita saja karena LP nya sudah kita buat. Jadi nanti di masyarakat ada bukti-bukti yang sudah dipegang dan sebagian nanti kita periksa sebagai saksi, jelasnya.

Intinya kebetulan dari kita langsung menindaklanjuti temuan yang pada saat kita lakukan patroli cyber. Hari ini kita bertemu dengan rekan-rekan di LSM dan kami minta kesediaan mereka sebagai saksi. Kita sih sudah dari sejal kejadian tapi baru semalem kita buatkan laporan informasinya dan kita lanjuti. Pagi ini kita ketemu dengan rekan - rekan LSM, tandasnya. o end



Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 02 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019
Senin, 30 Desember 2019
Rabu, 25 Desember 2019
Selasa, 24 Desember 2019
Minggu, 22 Desember 2019
Jumat, 20 Desember 2019
Rabu, 11 Desember 2019
Selasa, 10 Desember 2019
Senin, 09 Desember 2019
Sabtu, 07 Desember 2019
Kamis, 05 Desember 2019