Sabtu, 14 Agustus 2010 13:44:40

Pedagang Petasan Cari Rejeki Saat Ramadhan

Pedagang Petasan Cari Rejeki Saat Ramadhan

Beritabatavia.com - Berita tentang Pedagang Petasan Cari Rejeki Saat Ramadhan

Meski dilarang, sejumlah pedagang petasan tetap memanfaatkan bulan puasa ini untuk menjajakan barang dagangannya. Contohnya di Pasarminggu, Jakarta ...

Pedagang Petasan Cari Rejeki Saat Ramadhan Ist.
Beritabatavia.com - Meski dilarang, sejumlah pedagang petasan tetap memanfaatkan bulan puasa ini untuk menjajakan barang dagangannya. Contohnya di Pasarminggu, Jakarta Selatan tak kurang 80 pedagang petasan ramai menjajakan barang berbahaya itu sejak pukul 09.00-22.00. Untuk menghindari razia, mereka sering mengelabui petugas dengan berpura-pura hanya memajang kembang api saja. Kalau ada yang mau beli petasan baru dikeluarkan. Tapi banyak juga yang datang belipetasan, kata Abeng (21), Sabtu (14/8).
Abeng mengaku petasan-petasan yang dijualnya sengaja disimpan di dalam lori yang digunakan untuk berjualan. Petasan itu tidak sulit didapatnya, karena ada bos yang menyuplai aneka petasan dan kembang api tersebut. Kita ambil dari bos, jadi nggak susah cari barangnya, ujar Abeng, yang mengaku jika diluar bulan puasa selalu menganggur ini.
Keuntungannya pun cukup menggiurkan, dalam sehari Abeng dapat meraup untung sebesar Rp 200 ribu. Bahkan, pada saat lebaran pendapatannya meningkat 10 kali lipat menjadi Rp 2 juta dalam sehari. Namun, Abeng dan pedagang lainnya tetap was-was terhadap razia yang sering dilakukan. Agar bisa menghindar, hampir semua pedagang menggunakan lori untuk berjualan sehingga mudah melarikan diri saat ada razia.
Siswanto (30) pedagang lainnya mengaku, dengan menjual petasan dirinya mendapat keuntungan lebih ketimbang hanya menjual kembang api. Banyak orang yang cari petasan, jadi kalau cuma jual kembang api malah nggak laku, kata Siswanto yang sebelumnya berprofesi sebagai tukang sampah.
Kepala Satpol PP Jakarta Selatan, Jurnalis, mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan merazia pedagang petasan yang marak pada bulan puasa ini. Namun sebelumnya, ia akan berkoordinasi dulu dengan pihak-pihak terkait seperti TNI dan Polri.
Penyisiran terhadap pedagang petasan berkedok penjual kembang api bakal dilakukan di 10 kecamatan yang ada di Jakarta Selatan. Wilayah Pasarminggu, Kebayoranlama, dan Blok M, merupakan salah satu daerah yang rawan peredaran petasan. Di sepuluh kecamatan akan kita sisir. Bagi yang kedapatan menjual akan ditindak tegas, tandasnya. O brn

Berita Lainnya
Rabu, 10 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Rabu, 27 Desember 2023
Sabtu, 25 November 2023
Sabtu, 25 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Senin, 30 Oktober 2023