Senin, 24 Oktober 2016

Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Ditahan KPK

Ist.
Beritabatavia.com - Berulang kali menjalani pemeriksaan, akhirnya mantan Menteri Kesehatan RI, Siti Fadilah Supari dijebloskan dalam tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi pada Senin (24/10). Dengan mengenakan rompi oranye, Siti keluar gedung KPK dengan kondisi agak kelelahan. Tak lama kemudian, Siti memberikan keterangan kepada wartawan yang menunggu sejak pagi.

Siti membantah semua tuduhan penyidik KPK. Malah menteri di jaman pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyo ini mengaku merasa dikriminalisasi. “Saya baru diperiksa, belum sampe ke pokok permasalahan dan hanya ditanya kenal ini kenaql itu masa langsung ditahan. Saya merasa dikriminaliasi,” kata Siti Fadilah sebelum masuk ke mobil tahanan milik KPK.

Siti menjalani pemeriksaan perdananya sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi kegiatan pengadaan alat kesehatan untuk kebutuhan Pusat Penanggulangan Krisis Kementerian Kesehatan dari Dana DIPA.

Siti datang ke KPK sejak pukul 10.15 WIB . Sebelumnya dalam keterangannya, Siti kembali menyayangkan penetapan tersangka oleh kepadanya. Ia merasa selama ini tidak pernah ada pemanggilan terhadapnya sebagai saksi dalam kasus tersebut.

“Saya tiba-tiba jadi tersangka, sebelumnya tidak pernah diperiksa jadi saksi dari kasus yang ini hanya karena surat keputusan, mestinya saya harus klarifikasi itu baru jadi tersangka,” kata Siti di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Karena itu pula, kemudian ia mengajukan praperadilan terkait penetapan tersangka tersebut, meski kemudian praperadilannya ditolak. Ia juga mengaku tidak terlibat dalam pengadaan alat kesehatan yang diduga berujung korupsi tersebut. Ia merasa tidak memiliki hubungan dengan pemenang tender pengadaan proyek tersebut.

“Tidak, tidak ada pengaruhnya itu seorang menteri, tidak ada hubunganya dengan pemenang tender jadi ya ini aneh sekali sudah lama sekali 5 tahun yang lalu. Jadi ini saya dituduh menerima, tetapi yang memberi tidak jelas, saya diberi tanggal berapa saya diberi nampaknya itu tidak detil,” kata dia.

Adapun KPK menetapkan tersangka Siti sejak April tahun 2014 lalu. Dia disangka menyalahgunakan wewenang saat menjabat sebagai menteri yang kala itu ia bertanggungjawab dalam proyek pengadaan alat kesehatan. o day

Berita Lainnya
Minggu, 30 Desember 2018
Sabtu, 29 Desember 2018
Jumat, 28 Desember 2018
Kamis, 20 Desember 2018
Rabu, 19 Desember 2018
Selasa, 18 Desember 2018
Sabtu, 15 Desember 2018
Jumat, 14 Desember 2018
Selasa, 11 Desember 2018
Senin, 10 Desember 2018
Minggu, 09 Desember 2018
Jumat, 07 Desember 2018