Jumat, 11 November 2016

Pungli Menjerat, Pejabat Bea Cukai Ditangkap di Panti Pijat

Ist.
Beritabatavia.com -
Pejabat Fungsional Pemeriksa Dokumen (PFPD) Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah ditangkap atas dugaan meminta pungutan liar (pungli) dan memeras sejumlah pengusaha. Oknum pejabat Bea dan Cukai berinisial JH ditangkap tim saber pungli Bareskrim di panti pijat Kamis malam pukul 19.00 .

Penangkapan tersebut dibenarkan juru bicara Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas Semarang Yendra Robi dan Humas Ditjen Beacukai David, Jumat (11/11/2016).

Kedua juru bicara Beacukai ini menyebutkan JH merupakan Pejabat Fungsional Pemeriksa Dokumen yang bertugas memeriksa dokumen yang berkaitan dengan masuk dan pengiriman barang.

Namun, Robi belum mengetahui terkait pengurusan dokumen yang mana yang menyebabkan JH ditangkap sebab oknum pejabat yang ditangkap tersebut baru beberapa bulan berkantor di Bea Cukai Tanjung Emas.

JH ditangkap oleh petugas Bareskrim Mabes Polri di panti pijat di Semarang, selanjutnya anggota menggeledah rumahnya di Graha Bukit Wahid, Kota Semarang, dan mendapati sejumlah barang bukti diantaranya uang Rp340 juta, laptop serta telepon genggam.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Agung Setya mengatakan JH diduga melakukan praktek pungutan liar, dimana importir yang mengurus dokumen impor diminta transfer uang sampai Rp 50 juta ke rekening penampungan bank yang diminta JH bertujuan untuk memperlancar pengurusan dokumen impor.

Dari pengakuannya rekening penampung itu, JH kerap mengambil uang untuk digunakan secara pribadi dan mentransfer kembali ke sejumlah rekening orang lain dan masih di selidiki apakah ada pimpinan beacukai lainnya yang ikut menikmati. Hingga Jumat sore JH masih diperiksa secara intensif di Polrestabes Semarang dan menduga ada keterlibatan oknum lainnya.

Penangkapan itu sendiri menyusul perintah Presiden Joko Widodo untuk memberantas aksi pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum pejabat nakal dan kali ini giliran oknum Bea Cukai Semarang yang dibekuk setelah sebelum ti saber pungli menangkap direktur Pelindo lll. o pko
Berita Lainnya
Jumat, 28 Desember 2018
Kamis, 20 Desember 2018
Rabu, 19 Desember 2018
Selasa, 18 Desember 2018
Sabtu, 15 Desember 2018
Jumat, 14 Desember 2018
Selasa, 11 Desember 2018
Senin, 10 Desember 2018
Minggu, 09 Desember 2018
Jumat, 07 Desember 2018
Jumat, 07 Desember 2018
Kamis, 06 Desember 2018