Sabtu, 10 Juni 2017

Kemacetan Simpang Matraman Kian Parah

Kemacetan Simpang Matraman Kian Parah

Beritabatavia.com - Berita tentang Kemacetan Simpang Matraman Kian Parah

Kawasan Matraman, Jakarta Timur benar-benar menjadi jalur ‘neraka’ bagi pengendara. Ini menyusul pembangunan underpass di kawasan Jalan ...

Ist.
Beritabatavia.com - Kawasan Matraman, Jakarta Timur benar-benar menjadi jalur ‘neraka’ bagi pengendara. Ini menyusul pembangunan underpass di kawasan Jalan Matraman – Jalan Salemba. Bagaimana tidak, untuk menempuk jarak sekitar 1 kilometer mulai dari Jalan Pegangsaan hingga Jalan Salemba Raya, pengendara motor harus menghabiskan sekitar 1 jam.

“Macetnya parah, masa dari Pegangsaan menuju Jalan Salemba Raya saja hampir 1 jam. Padahal kan, jaraknya juga paling 1 kilometer,” keluh Nurdin, 35,pengendara motor Vario, terjebak macet.

Tak hanya Nurdin, keluhan lainnya juga diungkapkan pengendara lainnya, Muhamad Syafii. Pengemudi ojek online ini mengaku bila melintasi perempatan Matraman waktunya banyak habis di lokasi tersebut.

Pantauan Pos Kota di lokasi, banyak pengendara lainnya yang terjebak macet memilih untuk mematikan mesin kendaraan dengan tujuan menghemat bahan bakar minyak (BBM).

Sebelumnya rekayasa lalu lintas telah dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI untuk mengurai kemacetan di sekitar simpang Matraman, Jaktim, sejak Kamis (8/6).

Kepala Dishub DKI, Andri Yansyah, mengatakan rekayasa ini bersifat ujicoba. Jika dalam pelaksanaannya dinilai efektif mengurangi kepadatan efek pembangunan underpass, rekayasa akan diterapkan secara permanen.

Dijelaskan Andri, rekayasa yang akan diberlakukan yakni, seluruh kendaraan dari arah Jl Tambak menuju Pramuka atau Jatinegara, dilarang berbelok di simpang JI. Proklamasi — JI. Tambak mulai pukul 06.00 — 10.00. Nantinya lalu lintas dialihkan ke JI. Proklamasi – JI. Diponegoro – simpang JI Diponegoro — JI. Salemba. Demikian juga kendaraan dari Jl Salemba 1 dan komplek sepanjang JI. Pramuka Sari Il Sisi Utara mulai pukul 06.00-10.00, dialihkan belok kanan ke JI Proklamasi -JI Diponegoro – simpang JI Diponegoro — JI Salemba.

Andri menambahkan rekayasa lalu lintas tersebut tidak berlaku bagi bus Transjakarta. Andri mengimbau pengguna jalan dapat menghindari ruas-ruas jalan tersebut.

Adapun pembangunan underpass Matraman-Salemba dilakukan guna mengurangi kepadatan yang kerap terjadi di simpang Matraman. Nantinya jalur dari arah Jl Tambak, Manggarai, lurus menuju arah Jl Pramuka arah Pulogadung. Underpass juga akan dibuat bercabang sehingga pengguna jalan dari Jl Tambak dapat berbelok ke Jl Matraman Raya menuju Jatinegara. o pko

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 08 Februari 2019
Selasa, 05 Februari 2019
Minggu, 03 Februari 2019
Jumat, 01 Februari 2019
Selasa, 29 Januari 2019
Senin, 28 Januari 2019
Minggu, 27 Januari 2019
Minggu, 27 Januari 2019
Sabtu, 26 Januari 2019
Rabu, 23 Januari 2019
Minggu, 20 Januari 2019
Minggu, 20 Januari 2019