Senin, 12 Juni 2017 17:39:06

ITW: Gunakan Tol Batang-Semarang, Pemerintah Harus Tanggungjawab

ITW: Gunakan Tol Batang-Semarang, Pemerintah Harus Tanggungjawab

Beritabatavia.com - Berita tentang ITW: Gunakan Tol Batang-Semarang, Pemerintah Harus Tanggungjawab

Indonesia Traffic Watch (ITW) mengingatkan pemerintah agar mempertimbangkan seara matang untuk mengoperasikan ruas  tol Batang-Semarang. Sebab ...

ITW: Gunakan Tol Batang-Semarang, Pemerintah Harus Tanggungjawab Ist.
Beritabatavia.com - Indonesia Traffic Watch (ITW) mengingatkan pemerintah agar mempertimbangkan seara matang untuk mengoperasikan ruas  tol Batang-Semarang. Sebab jalan tol fungsional tersebut belum layak digunakan, khususnya pada musim mudik 2017 yang sudah di depan mata.

Jangan ambil resiko. Pemudik harus selamat sampai di tempat tujuan, kata Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan, Senin (12/6).

Menurut Edison, kondisi ruas tol Batang-Semarang atau disebut tol fungsional itu masih sangat jauh dari layak. Sebab setiap ruas jalan yang digunakan untuk lalu lintas umum wajib dilengkapi rambu-rambu lalu lintas,marka jalan,alat pemberi isyarat,penerangan jalan, alat pengendali pengaman pengguna jalan,fasilitas pendukung di dalam jalan maupun diluar badan jalan.
 
Tol Batang-Semarang belum layak untuk digunakan.Potensi kecelakaan cukup tinggi, tegasnya.

Dikatakan, pemerintah sebagai penyelenggara jalan wajib dan bertanggungjawab untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan menyediakan,memperbaiki sarana dan prasarana lalu lintas. Apabila penyebab kecelakaan karena belum  dilengkapi sarana prasarana, maka penyelenggara jalan dapat dipidana.

Pemerintah harus bertanggungjawab atas segala resiko,kalau ruas tol Batang-Semarang tetap dioperasikan, tegas Edison.

Menurutnya, terwujudnya keamanan,keselamatan,ketertiban,kelancaran (Kamseltibcar) pada mudik 2017, tergantung kesiapan Polri. Bahkan Polri dapat menggunakan hak diskresi untuk melakukan rekayasa dari hulu hingga ke hilir.
 
Polri jangan hanya fokus pada lokasi atau wilayah yang diprediksi akan terjadi kemacetan. Tetapi upaya-upaya untuk mengurai kemacetan harus sudah dilakukan dari awal atau pintu-pintu masuk tol. Polri harus cepat melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah yang dilintasi oleh pemudik. Untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan pemudik saat keluar dari ruas tol.O Iki


Berita Lainnya
Sabtu, 23 Mei 2020
Jumat, 22 Mei 2020
Kamis, 21 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Selasa, 19 Mei 2020
Senin, 18 Mei 2020
Minggu, 17 Mei 2020
Sabtu, 16 Mei 2020
Jumat, 15 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Rabu, 13 Mei 2020
Selasa, 12 Mei 2020