Kamis, 22 Juni 2017 11:17:06

Syahrini Dituduh Melanggar Hukum

Syahrini Dituduh Melanggar Hukum

Beritabatavia.com - Berita tentang Syahrini Dituduh Melanggar Hukum

BERBUAT baik ternyata belum tentu baik. Itulah yang dlakukan artis Syahrini. Maksud hati ikut membantu promosikan fim nasional, malah dituduh ...

   Syahrini Dituduh Melanggar Hukum Ist.
Beritabatavia.com - BERBUAT baik ternyata belum tentu baik. Itulah yang dlakukan artis Syahrini. Maksud hati ikut membantu promosikan fim nasional, malah dituduh kriminal. Itulah yang menimpa penyanyi Syahrini, Bahkan akibat perbuatan baiknya menjadi pergunjingan di dunia media sosial.

Pasalnya, Syahrini dan adiknya, Syaharani mengunggah cuplikan film yang baru rilis, Surat Kecil untuk Tuhan melalui fitur Instagram Story. Tindakan itu jelas melangar aturan, sebab sesuai peringatan sebelum film dimulai, dilarang mengambil gambar apa pun di dalam bioskop, apalagi yang menampilkan potongan film.

Menurut Corporate Secretary Cinema 21, Catherine Keng, tindakan itu sudah termasuk pembajakan dan jelas dilarang. Pelanggarnya bisa kena hukuman denda dan penjara bagi pelakunya.

Di hari yang sama, sineas Joko Anwar menyuarakan pandangannya melalui Twitter, bahwa merekam bagian film di bioskop lalu disebarkan ke media sosial adalah pelanggaran hukum. Adek-adek, nonton di bioskop jangan direkam ke IG story, Facebook Live, dan sebangsanya ya. Selain kamu norak, melanggar hukum. Makasih, cuitnya Selasa (20/6).

Ketua Asosiasi Konsultan HAKI Indonesia, Cita Citrawinda menyatakan tindakan tersebut baru bisa dinilai sebagai pelanggaran hukum, bila merugikan pemilik hak cipta filmnya. Ia tak bisa memungkiri dampak buruk teknologi pada karya cipta, termasuk film.

Dia menambahkan, tindakan itu mungkin dapat dianggap sebagai bantuan untuk menginformasikan atau ikut mempromosikan film. Namun yang tak disadari, hal itu juga bisa merugikan bila yang diunggah ternyata adalah bagian penting dari film. o pko




Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Senin, 06 Januari 2020
Kamis, 02 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019
Senin, 30 Desember 2019
Kamis, 26 Desember 2019
Selasa, 24 Desember 2019
Jumat, 20 Desember 2019
Senin, 09 Desember 2019
Rabu, 04 Desember 2019
Senin, 02 Desember 2019
Jumat, 29 November 2019
Rabu, 27 November 2019