Kamis, 03 Agustus 2017

ITW : Kesadaran Tertib Lalin & Displin Aparat Wujudkan Keselamatan

ITW : Kesadaran Tertib Lalin & Displin Aparat Wujudkan Keselamatan

Beritabatavia.com - Berita tentang ITW : Kesadaran Tertib Lalin & Displin Aparat Wujudkan Keselamatan

Indonesia Traffic Watch (ITW) menilai keamanan,keselamatan,ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) akan terwujud apabila kesadaran ...

Ist.
Beritabatavia.com - Indonesia Traffic Watch (ITW) menilai keamanan,keselamatan,ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) akan terwujud apabila kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat dan displin aparat serta koordinasi antar instansi sudah baik. Kemudian didukung infrastruktur dan sistim  transportasi umum yang sudah terintegrasi ke seluruh penjuru dan terjangkau secara ekonomi. Hal itu disampaikan Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan terkait, pencanangan 2017 sebagai tahun keselamatan untuk kemanusiaan yang diselenggarakan Polri.

“ Keselamatan akan terwujud, apabila disertai program untuk meningkatkan kesadaran tertib lalu lintas masyarakat maupun displin aparat. Yang didukung infrastruktur dan angkutan umum yang terintegrasi ke seluruh penjuru serta terjangkau secara ekonomi,” kata Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan, Kamis (3/8).

Menurutnya, keselamatan itu adalah hasil upaya, bukan hadiah. Sedangkan faktor utama terjadinya kecelakaan adalah akibat kelalaian manusia (human error) dan infrastruktur yang belum memadai, serta displin aparat termasuk koordinasi antar instansi terkait yang masih lemah.

Edison menyarankan, pencanangan tahun keselamatan yang  diselenggarakan oleh Polri, hendaknya diawali dengan berbagai upaya yang efektif untuk meningkatkan kesadaran tertib lalu lintas masyarakat dan displin aparat. Serta meningkatkan kualitas koordinasi antar instansi, sehingga setiap kebijakan dapat dilaksanakan secara maksimal.

“ Rendahnya kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat dan aparat yang belum displin serta koordinasi antar instansi belum  bersinergi secara maksimal adalah faktor pemicu kesemrautan yang mengancam keselamatan berlalu lintas,” tegas Edison.

ITW mengingatkan, keselamatan adalah milik kita semua, bukan hanya milik Polri atau instansi pemerintah semata. Oleh karena itu, program keselamatan seyogianya dilaksanakan secara terbuka dan melibatkan masyarakat secara langsung. Diharapkan lewat program keselamatan yang digelar Polri, kesadaran dan rasa memiliki dapat tumbuh hingga seluruh masyarakat menjadikan tertib berlalu lintas sebagai kebutuhan yang wajib ditaati. 

“Kehebatan Infrastruktur dan kecanggihan teknologi transportasi tidak menjadi jaminan keselamatan,apabila pemahaman dan kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat masih rendah,” pungkas Edison.  O Iki 

Berita Lainnya
Minggu, 05 Mei 2019
Rabu, 01 Mei 2019
Selasa, 30 April 2019
Senin, 29 April 2019
Minggu, 28 April 2019
Sabtu, 27 April 2019
Jumat, 26 April 2019
Rabu, 24 April 2019
Selasa, 23 April 2019
Senin, 22 April 2019
Sabtu, 20 April 2019
Sabtu, 20 April 2019