Selasa, 05 September 2017 18:11:20

Perlu Kesadaran Warga Jakarta Jaga Kebersihan Sungai

Perlu Kesadaran Warga Jakarta Jaga Kebersihan Sungai

Beritabatavia.com - Berita tentang Perlu Kesadaran Warga Jakarta Jaga Kebersihan Sungai

KERJA keras petugas membersihkan sungai, jika tidak diimbangi kesadaran masyarakat, akan percuma. Pasalnya kondisi sungai yang baru saja dibersihkan ...

  Perlu Kesadaran Warga Jakarta Jaga Kebersihan Sungai Ist.
Beritabatavia.com - KERJA keras petugas membersihkan sungai, jika tidak diimbangi kesadaran masyarakat, akan percuma. Pasalnya kondisi sungai yang baru saja dibersihkan akan kembali kotor, karena dibuangi sampah oleh oknum warga terutama yang tinggal di bantaran. Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta makin menggalakkan sosialisasi kebersihan sungai kepada para penghuni bantaran.

Kami mengerahkan ribuan anggota Pasukan Oranye dari UPK Badan Air untuk mendatangi rumah-rumah warga guna mengingatkan penghuni agar tidak lagi membuang sampah ke sungai, waduk, maupun saluran air, ujar Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Isnawa Adji, Selasa (5/9).

Pasukan Oranye UPK Badan Air yang jumlahnya sekitar 4.000 orang itu disebar ke seluruh penjuru Ibukota untuk mengajak warga meningkatkan kepedulian kebersihan sungai.

Mereka bukan hanya melakukan sosialisasi, tetapi juga memberikan kantong-kantong sampah kepada setiap rumah di bantaran. Kalau sudah diberi kantong sampah, masih membuang sampah di sungai, namanya keterlaluan. Malu sama lingkungan sekitarnya, kata Isnawa Adji.

Kegiatan semacam ini perlu dilakukan mengingat kondisi kali tiap hari masih selalu banyak sampah. Baru beberapa jam selesai dibersihkan, kondisi sungai kotor lagi, karena masih banyak oknum warga yang membuang sampah sembarangan, ujar Isnawa Adji.

Dicontohkan salah satu kasus mencolok yakni ruas Sungai Ciliwung di wilayah Jakarta Timur, dulu sudah dibersihkan sampai benar-benar bersih, tapi kini mulai terlihat banyak sampah lagi. o day

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 02 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019
Senin, 30 Desember 2019
Rabu, 25 Desember 2019
Selasa, 24 Desember 2019
Minggu, 22 Desember 2019
Jumat, 20 Desember 2019
Rabu, 11 Desember 2019
Selasa, 10 Desember 2019
Senin, 09 Desember 2019
Sabtu, 07 Desember 2019
Kamis, 05 Desember 2019