Kamis, 05 Oktober 2017

Presiden Jokowi: Politik TNI Adalah Politik Negara

Presiden Jokowi: Politik TNI Adalah Politik Negara

Beritabatavia.com - Berita tentang Presiden Jokowi: Politik TNI Adalah Politik Negara


PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pesan Jenderal Sudirman bahwa politik TNI adalah politik negara. Hal itu disampaikan pada pidato ...

Ist.
Beritabatavia.com -
PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pesan Jenderal Sudirman bahwa politik TNI adalah politik negara. Hal itu disampaikan pada pidato arahannya pada peringatan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Provinsi Banten, Kamis (5/10/2017).

“Saya ingat pesan Jenderal Sudirman tentang jati diri TNI yang saya yakin sangat relevan sampai sekarang. Bahwa politik tentara politik negara, politik TNI adalah politik negara. Loyalitas TNI adalah loyalitas negara,” ujar Jokowi.

Jokowi berharap TNI menjadi angkatan bersenjata yang dapat disegani. Tak hanya tingkat nasional, namun di tingkat Asia. “Dengan penuh rasa bangga kita saksikan nantinya kehebatan angkatan bersenjata kita di hadapan kita semua. Dengan penuh optimis saya katakan TNI akan jadi angkatan bersenjata yang makin disegani oleh negara lain yang jadi kekuatan besar di regional Asia,” kata Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para prajurit TNI. Menurutnya, prajurit TNI sudah berkomitmen untuk menjaga keutuhan NKRI. “Terima kasih komitmen komitmen TNI memegang teguh sumpah komitmen. Terima kasih untuk dedikasi menjalankan tugas berat penuh risiko, terima kasih peran sentral TNI menjaga NKRI, Pancasila, dan kewibawaan negara,” tuturnya.

Selain itu, kepala negara meminta semua institusi pemerintahan untuk menjaga dan meningkatkan sinergitas dan soliditas. Hal itu penting dalam menghadapi ancaman dan rongrongan, baik dari dalam maupun luar negeri. 

Dalam dunia yang serba transparan ini, tidak ada lagi yang bisa ditutup-tutupi. Bahkan, berita sekecil apapun di negeri ini akan sampai pemberitannya ke mancanegara. "Tak ada pilihan lain kecuali kita memberikan pesan Indonesia adalah negara yang santun. Sinergi antara TNI dan institusi lain dalam pemerintahan dan seluruh komponen anak bangsa adalah wajib untuk dijaga dan ditingkatkan," tuturnya.

Sampai kapan pun, sambung Jokowi, Indonesia harus waspada terhadap upaya dari luar untuk merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Termasuk rongrongan dari dalam yang berupaya mengganggu Pancasila sebagai dasar negara. "Kita juga harus waspada terhadap perang budaya, perdagangan bebas, dan perkembangan teknologi yang berkembang dengan cepat, " kata Jokowi.

Tidak ada jalan lain, kata dia, Indonesia harus segera membangun pondasi ekonomi nasional. "Harus Indonesia sentris, bagaimana doktrin pertahanan kita yang dipegang teguh TNI. Jaga stabilitas politik dan keamanan," sambungnya. o eee


Berita Lainnya
Selasa, 05 Maret 2019
Senin, 04 Maret 2019
Sabtu, 02 Maret 2019
Jumat, 01 Maret 2019
Kamis, 28 Februari 2019
Selasa, 26 Februari 2019
Minggu, 24 Februari 2019
Jumat, 22 Februari 2019
Rabu, 20 Februari 2019
Selasa, 19 Februari 2019
Selasa, 19 Februari 2019
Senin, 18 Februari 2019