Minggu, 22 Oktober 2017

Pangdam I/BB : Bangun Kembali Persatuan, Kesatuan & Nasionalisme

Pangdam I/BB : Bangun Kembali Persatuan, Kesatuan & Nasionalisme

Beritabatavia.com - Berita tentang Pangdam I/BB : Bangun Kembali Persatuan, Kesatuan & Nasionalisme

Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri memberikan kuliah umum tentangWawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada 275 peserta dari 13 Fakultas dalam ...

Ist.
Beritabatavia.com - Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri memberikan kuliah umum tentangWawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada 275 peserta dari 13 Fakultas dalam rangka pertemuan Forum Pimpinan FIS/FISH/FPIPSLPTK Negeri se Indonesia dan himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu Sosial Indonesia (HISPISI), yang dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr Syawal Gultom MPd, di Hotel Arya Duta Jalan Balai Kota Medan pada Jumat, 20 Oktober 2017.

Pada acara kuliah umum Pangdam I/BB menyampaikan, pemahaman wawasan kebangsaan masih diragukan, terutama dikalangan kampus yang kian memudar seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi. Untuk itu mari kita fahami makna wawasan kebangsaan dan membumikan wawasan kebangsaan kepada generasi penerus bangsa, khusunya di wilayah Kampus.

"Wawasan Kebangsaan saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, sehingga perlu dibangun kembali persatuan dan kesatuan bangsa serta jiwa nasionalisme," kata Mayjen Cucu Somantri.

Diharapkan pada seluruh Dekan, Dosen dan tenaga pendidikan dimanapun berada diseluruh Indonesia untuk kembali mengaktualisasikan wawasan kebangsaan melalui pemahaman kebangsaan, rasa kebangsaan, semangat kebangsaan, dan integrasi nasional demi menjaga keutuhan wilayah NKRI.

Pada waktu yang sama Rektor Unimed menyampaikan berbagai hal penguatan yang berkaitan dengan upaya menumbuhkan wawasan kebangsaan bagi anak negeri seperti yang sudah diatur dalam Permendagri dan Undang-Undang Nomor : 17 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan. Maka kita semua diharuskan untuk membangun kembali persatuan dan kesatuan bangsa dan jiwa nasionalisme.

"Ingat bangsa Indonesia tidak lahir dari dasar persamaan kelahiran,kesukuan, ras, ataupun agama, tetapi karena ke Bhinekaan Tunggal Ikaan yang disatukan idiologi negara Indonesia yaitu Pancasila," kata Prof Syawal Gultom.

Acara tersebut turut hadir para staf ahli Pangdam I/BB,  Asisten Kodam I/BB, Para Kabalak Kodam I/BB. Serta sejumlah nara sumber Guru Besar dan Wakil Dekan Akademik FIS Unnes, Prof. Dr. Wasino Mhum, ketua HISPISI Prof.Dr. Warsono MS serta para Dekan dari 13  Fakultas Ilmu Sosial se Indonesia. O Parulian

Berita Lainnya
Senin, 12 Agustus 2019
Sabtu, 10 Agustus 2019
Jumat, 09 Agustus 2019
Kamis, 08 Agustus 2019
Rabu, 07 Agustus 2019
Selasa, 06 Agustus 2019
Senin, 05 Agustus 2019
Sabtu, 03 Agustus 2019
Sabtu, 03 Agustus 2019
Rabu, 31 Juli 2019
Minggu, 28 Juli 2019
Jumat, 26 Juli 2019