Kamis, 23 November 2017

Dana Desa Sendang Rejo Langkat Sumut Rp 1,3 M Digasak

Dana Desa Sendang Rejo Langkat Sumut Rp 1,3 M Digasak

Beritabatavia.com - Berita tentang Dana Desa Sendang Rejo Langkat Sumut Rp 1,3 M Digasak

Pengunaan  ADD (Anggaran Dana Desa) tahun  2017 Desa Sendang Rejo Kec Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) disinyalir ...

Ist.
Beritabatavia.com - Pengunaan  ADD (Anggaran Dana Desa) tahun  2017 Desa Sendang Rejo Kec Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) disinyalir penuh  penyimpangan dan dijadikan bancakan. Modus operandi menggasak ADD dilakukan dengan memanipulasi harga satuan barang material.

Adanya dugaan penyimpangan pekerjaan proyek tersebut terjadi dalam pengerjaan fisik pembangunan diantaranya proyek drainase dan pemasangan vapling block serta rehap kantor Kepala Desa hingga menelan biaya ratusan juta rupiah yang laporan pertanggung jawaban nya tidak jelas .

Dan yang lebih parah lagi, tim 5 yang bertugas sebagai pengawas selama terselengaranya proyek pembangunan di Desa Sendang Rejo mengakui, tidak mengetahui anggaran yang terealisai bahkan LPJ (laporan pertanggungjawaban) yang dilaporkan ke Tk II juga tidak diketahui

Dari penjelasan Muliadi salah satu anggota tim 5 pembangunan Desa Sendang Rejo ketika dikonfirmasi beritabatavia.com, Rabu (22/11) mengakui kalau pihak nya tidak mengetahui LPJ tersebut.

"Sejak pelaksanaan proyek tahap pertama dan kedua yang menelan biaya sekitar Rp.800 juta lebih ini tidak kami ketahui bagaimana pertanggungjawaban LPJ nya ," ujarnya.

Menurutnya, Plt Kades Sendang Rejo Sutarto sampai  saat ini tidak transparan menunjukan laporan pertanggung jawaban, sehingga apa yang dipertanyakan wartawan dan  LSM tidak diketahui.
Sementara itu informasi yang diperoleh dari salah seorang warga setempat bahwa panitia pelaksana pekerjaan proyek vapling block  di Desa Sendang Rejo tahun 2017 diduga kuat telah melakukan mark up terhadap barang material . Dalam  LPJ dibuat harga satuan vapling block dengan harga Rp 1750 sedangkan harga satuan vapling block yang  dibeli ternyata harganya sebesar Rp. 1.250.

Dan kalau dikalikan  40.000 batang maka selisih harga cukup besar mencapai puluhan juta. Belum lagi pembelanjaan material pasir dan batu serta semen. Diduga kuat LPJ pekerjaan proyek fisik ADD dilakukan pembengkakan anggaran yang tidak tertutup kemungkinan bekerja sama dengan salah satu pihak pengusaha panglong. Tetapi sebuah sumber mengatakan, praktik kotor itu semua permainan Plt Kades  Sutarto,SE yang merangkap 2 jabatan di Kecamatan Binjai.

Sementara itu Sutarto,SE ketika dikonfirmasi  mengakui dalam laporan Pertanggung jawaban bahwa matrial vapling block yang telah dibelanjakan seharga  Rp, 1.750 dengan dalih  matrial tersebut dibeli berkualitas bagus buatan pabrik sehingga harganya mahal .

Sutarto mengaku untuk tahun 2017 pihaknya menerima kucuran dana ADD Desa Sendang Rejo sebesar Rp.1,3 miliar lebih dan dipergunakan untuk dua pekerjaan yaitu untuk proyek fisik sebesar 55 persen dan sisanya 45 persen untuk membayar gaji maupun honor serta kegiatan Desa . O  Sahat Pasaribu.

Berita Lainnya
Kamis, 11 April 2019
Rabu, 10 April 2019
Selasa, 09 April 2019
Senin, 08 April 2019
Sabtu, 06 April 2019
Selasa, 02 April 2019
Senin, 01 April 2019
Senin, 01 April 2019
Kamis, 28 Maret 2019
Rabu, 27 Maret 2019
Selasa, 26 Maret 2019
Jumat, 22 Maret 2019