Minggu, 14 Januari 2018 15:51:36

ITW : Penyakit ISPA Ancaman Bagi Pengendara Motor

ITW : Penyakit ISPA Ancaman Bagi Pengendara Motor

Beritabatavia.com - Berita tentang ITW : Penyakit ISPA Ancaman Bagi Pengendara Motor

Indonesia Traffic Watch (ITW) memprediksi beberapa tahun kedepan jumlah penderita penyakit infeksi saluran nafas akut (ISPA) akan mengalami ...

ITW : Penyakit ISPA Ancaman Bagi Pengendara Motor Ist.
Beritabatavia.com - Indonesia Traffic Watch (ITW) memprediksi beberapa tahun kedepan jumlah penderita penyakit infeksi saluran nafas akut (ISPA) akan mengalami peningkatan, khususnya di kota-kota besar seperti Ibukota Jakarta dan sekitarnya. Perkiraan meningkatnya jumlah penderita ISPA, merupakan dampak semakin banyaknya pengendara sepeda motor yang melakukan aktifitas sehari-hari di jalan raya, tanpa menggunakan pelindung yang memadai seperti jaket dan masker.

Pengendara sepeda motor di jalan raya, akan mengalami risiko terbesar dari serangan penyakit ISPA, hingga bronkitis atau TBC, kata Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan, Minggu (14/1).

Menurutnya, meningkatnya jumlah warga masyarakat yang beraktifitas sehari-hari dengan menggunakan sepeda motorĀ  di jalan raya, adalah fakta yang tak terbantahkan. Apalagi jawaban sesaat dengan argumentasi memenuhi tuntutan kebutuhan hidup. Tetapi, risiko seperti ancaman dari serangan penyakit ISPA bahkan TBC hendaknya harus menjadi pertimbangan serius.

Pengendara sepeda motor di jalan raya, potensi secara langsung menghirup udara yang tercemar akibat polusi sekaligus menimbulkan penyakit ISPA dan berbagai penyakit lainnya, tegas Edison.

Pihaknya mendesak pemerintah, agar melakukan sosialisasiĀ  secara massif dampak buruk akibat penyakit ISPA yang disebabkan aktifitas sehari-hari di jalan raya. Sekaligus memberikan solusi efektif untuk dapat mencegah terjadinya peningkatan jumlah penderita penyakit ISPA.

ITW mengingatkan, angin yang mengenai dada dan polusi udara yang terhirup saat mengendarai motor menjadi pemicu utama munculnya penyakit ISPA dan TBC. Hendaknya pengendara menggunakan pelindung yang memadai seperti jaket dan masker.

Secara tegas, Edison mengatakan, apabila kondisi seperti ini terus dibiarkan, adalah sebuah kegagalan pemerintah mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Sekaligus ancaman serius terhadap potensi sumber daya manusia. Sebab, cita-cita kemerdekaan hanya dapat diwujudkan, jika generasi bangsa Indonesia sehat, sejahtera. O Iki

Berita Lainnya
Rabu, 20 Maret 2024
Kamis, 14 Maret 2024
Kamis, 14 Maret 2024
Rabu, 13 Maret 2024
Sabtu, 09 Maret 2024
Rabu, 06 Maret 2024
Rabu, 06 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Senin, 26 Februari 2024