Rabu, 07 Februari 2018

Terjerat Suap, Mendagri Belum Berhentikan Gubernur Zumi Zola

Terjerat Suap, Mendagri Belum Berhentikan Gubernur Zumi Zola

Beritabatavia.com - Berita tentang Terjerat Suap, Mendagri Belum Berhentikan Gubernur Zumi Zola

   MENTERI Dalam Negeri (mendagri) Tjahjo Kumolo hingga kini belum memberhentikan sementara Gubernur Jambi Zu,i Zola yang ditetapkan ...

Ist.
Beritabatavia.com -    MENTERI Dalam Negeri (mendagri) Tjahjo Kumolo hingga kini belum memberhentikan sementara Gubernur Jambi Zu,i Zola yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus suap.

"Kami tidak akan memberhentikan Zumi dalam waktu dekat. Enggak, sampai nanti bagaimana proses penyidikan dan berkekuatan hukum tetap," tutur Tjahjo di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Mendagri Tjahjo tidak merinci alasan dirinya belum memberhentikan Zumi dalam waktu dekat. Tjahjo hanya memberikan jawaban yang sama, meski ditanyakan berulang kali perihal pemberhentian Zumi dari jabatannya. "Diberhentikan saat berkekuatan hukum tetap," ujar Tjahjo.

Zumi yang berstatus tersangka kasus suap di KPK, hari ini hadir sebagai gubernur Jambi dalam rapat koordinasi bersama gubernur seluruh Indonesia yang dihelat Kemendagri di Hotel Bidakara, Jakarta.

Zumi tampak mengenakan batik berwarna paduan cokelat dan ungu. Zumi tidak melontarkan sepatah kata pun ketika ditanya wartawan. Dia terus berjalan menuju ruang rapat dari ruang VIP sambil tersenyum.

KPK menetapkan Zumi sebagai tersangka korupsi karena diduga menerima hadiah atau janji terkait sejumlah proyek di lingkungan Pemprov Jambi. KPK menduga Zumi menerima sedikitnya Rp6 miliar. Zumi dijerat dengan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Zumi juga diduga turut terlibat dalam kasus dugaan suap pengesahan Rancangan APBD Jambi 2018 yang dibongkar KPK lewat operasi tangkap tangan (OTT). Ada empat orang yang sudah ditetapkan tersangka dalam tersebut, tiga di antaranya merupakan anak buah Zumi di Pemprov Jambi.

Empat tersangka itu yakni, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik; Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jambi, Arfan; Asisten Daerah Bidang III Jambi Saipudin; dan Anggota DPRD Jambi dari Fraksi PAN, Supriyono.
Berita Lainnya
Selasa, 05 Maret 2019
Senin, 04 Maret 2019
Sabtu, 02 Maret 2019
Jumat, 01 Maret 2019
Kamis, 28 Februari 2019
Selasa, 26 Februari 2019
Minggu, 24 Februari 2019
Jumat, 22 Februari 2019
Rabu, 20 Februari 2019
Selasa, 19 Februari 2019
Selasa, 19 Februari 2019
Senin, 18 Februari 2019