Senin, 14 Mei 2018 17:32:53

Teror Bom Surabaya Bisa Berdampak Kunjungan Wisatawan

Teror Bom Surabaya Bisa Berdampak Kunjungan Wisatawan

Beritabatavia.com - Berita tentang Teror Bom Surabaya Bisa Berdampak Kunjungan Wisatawan

 Sektor pariwisata menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan terkait peristiwa rentetan teror bom di Kota Surabaya, Jawa Timur, yang ...

 Teror Bom Surabaya Bisa Berdampak Kunjungan Wisatawan Ist.
Beritabatavia.com -  Sektor pariwisata menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan terkait peristiwa rentetan teror bom di Kota Surabaya, Jawa Timur, yang terjadi pada Minggu (13/05/2018) hingga Senin (14/05/2018), menyebabkan beberapa orang meninggal dunia dan puluhan cedera berat hingga ringan. Kini, Polri menetapkan status siaga satu dan beberapa negara menerbitkan travel advice untuk warganya.

Menanggapi kejadian teror bom itu, pengamat pariwisata Universitas Jenderal Soedirman, Jakarta Chusmeru, menilai aksi teror bom di Surabaya bisa berdampak pada sektor pariwisata khususnya jumlah kunjungan wisatawan. Ini yang harus perlu diantisipasi, mengingat pemerintah sudah menetapkan target kunjungan wisatawan mancanegara yang cukup tinggi, sehingga jangan sampai target itu meleset

Teror bom di Surabaya bisa berdampak pada kunjungan wisatawan ke Indonesia dan beberapa daerah, serta rasa aman, dan kenyamanan bagi wisatawan, kata Chusmeru, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (14/5).

Untuk itu, ia meminta pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengelola jasa pariwisata, serta pihak terkait lainnya, perlu memberikan jaminan keamanan bagi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara. Setiap destinasi dan objek daya tarik wisata memerlukan jaminan keamanan, diantaranya pengamanan lokasi destinasi lebih diperketat sehingga wisatawan merasakan kenyamanan dan keamanan, katanya.

Caranya, lanjut dia, bisa dengan menerapkan pengamanan di setiap objek wisata, hotel, restoran, dan objek wisata yang lain.  Dengan catatan, pengamanan tidak tampak berlebihan yang nantinya malah akan menimbulkan ketakutan wisatawan. Dan yang penting, ada upaya serius pemerintah dan lembaga terkait untuk memastikan bahwa destinasi dan objek tersebut aman untuk dikunjungi, katanya.

Selain itu, pemerintah perlu terus sosialisasi dan penyebaran informasi terkait perkembangan situasi keamanan. Hal itu perlu dilakukan agar wisatawan tidak takut dan ragu dalam melakukan aktivitas pariwisatanya.

Mengingat sekecil apapun gangguan keamanan yang terjadi di daerah atau objek wisata, akan berdampak buruk bagi perkembangan pariwisata nasional. Gangguan keamanan tentunya bisa menimbulkan keprihatinan dan kecemasan masyarakat termasuk pada sektor pariwisata, katanya. 0 day
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 08 Juli 2020
Rabu, 13 Mei 2020
Rabu, 22 April 2020
Jumat, 17 April 2020
Jumat, 27 Maret 2020
Kamis, 12 Maret 2020
Sabtu, 01 Februari 2020
Kamis, 23 Januari 2020
Rabu, 22 Januari 2020
Senin, 20 Januari 2020
Sabtu, 18 Januari 2020
Kamis, 16 Januari 2020