Kamis, 19 Juli 2018 18:49:07

Festival Kuliner Betawi Dihidupkan Lagi

Festival Kuliner Betawi Dihidupkan Lagi

Beritabatavia.com - Berita tentang Festival Kuliner Betawi Dihidupkan Lagi

Kangen atau ingin mencicipi berbagai masakan khas Betawi? Jangan khawatir, Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan menghidupkan kembali ...

Festival Kuliner Betawi Dihidupkan Lagi Ist.
Beritabatavia.com - Kangen atau ingin mencicipi berbagai masakan khas Betawi? Jangan khawatir, Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan menghidupkan kembali Festival Kuliner Betawi. Festival ini digelar di Pelatihan Seni Budaya (PPSB), Jalan Asem Baris Tebet, Jakarta Selatan, pada 24 Juli 2018.

Festival Kuliner Betawi ini terakhir diselenggarakan pada 2013 kemudian tak aktif alias mati suri. Dan tahun ini mulai digerakkan lagi. Hasilnya sambutan sangat luar biasa dari peserta serta pengunjung sangat mengharapkan festival ini. Karena itu, pemerintah kota memutuskan menghidupkan kembali kegiatan tersebut, karena festival dianggap sebagai bentuk acara yang efektif mempromosikan panganan khas berikut kebudayaan Betawi.

Target lainnya menjadi daya tarik Wisatawan dalam negeri dan mancanegara untuk datang mengunjungi sekaligus menikmati kekhayaan kuliner khas betawi.

Memang banyak yang sudah kenal dan mencicipi panganan Betawi, salah satunya kerak telor. Tapi, kuliner khas Betawi itu beragam, di antaranya ada Pecak Ikan Mas, Soto Betawi.

Dengan adanya festival diharapkan dapat memperkenalkan ragam panganan khas Betawi tidak hanya untuk masyarakat Jakarta, tetapi juga para pendatang.

Selama festival berlangsung, acara diisi dengan lomba masak dari perwakilan 10 kecamatan di Jakarta Selatan, demo memasak, stan pameran, dan acara hiburan. Juri lomba masaknya berasal dari akademisi, pemerhati budaya Betawi, dan praktisi kuliner.

Dan untuk acara lomba tiap kecamatan akan mengirim perwakilan. Mengingat, sekarang di tiap kecamatan, ada satu unit UMKM (usaha mikro, kecil, menengah) OK OCE (Satu Kecamatan, Satu Pusat Kewirausahaan), nanti para peserta akan digerakkan.

Festival Kuliner Betawi merupakan rangkaian dari acara Gebyar Budaya Betawi yang diadakan pada tahun ini oleh Suku Dinas Pariwisata dan Budaya Jakarta Selatan. Dalam rangkaian itu ada empat acara, di antaranya Festival Batik, Festival Kuliner Betawi, Festival Pencak Silat, dan Festival Kerak Telor.

Kuliner Betawi memang berbeda dengan rasa lezat dan masih otentik. Mulai dari soto betawi, gado-gado betawi, nasi uduk, kerak telor, gado-gado, semur jengkol, laksa betawi, sayur asem, dodol, Bir Pletok hingga asinan betawi. 0 BAM
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 02 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019
Senin, 30 Desember 2019
Rabu, 25 Desember 2019
Selasa, 24 Desember 2019
Minggu, 22 Desember 2019
Jumat, 20 Desember 2019
Rabu, 11 Desember 2019
Selasa, 10 Desember 2019
Senin, 09 Desember 2019
Sabtu, 07 Desember 2019
Kamis, 05 Desember 2019