Kamis, 16 Agustus 2018

PDIP & Menperin Kritik Ketua MPR: Sidang Tahunan Bukan Forum Politik

PDIP & Menperin Kritik Ketua MPR: Sidang Tahunan Bukan Forum Politik

Beritabatavia.com - Berita tentang PDIP & Menperin Kritik Ketua MPR: Sidang Tahunan Bukan Forum Politik



Anggota Fraksi PDIP Charles Honoris kesal dengan kritik yang disampaikan Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam pidato di Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD. ...

Ist.
Beritabatavia.com -

Anggota Fraksi PDIP Charles Honoris kesal dengan kritik yang disampaikan Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam pidato di Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD. Dalam pidatonya, Zulkifli menyindir pemerintah soal harga sembako.

Charles mengatakan, semestinya yang harus disampaikan dalam forum tahunan adalah penyampaian laporan kinerja lembaga negara, bukan kritik.

“Pasal 66 Peraturan MPR Nomor 1 Tahun 2014 itu menyebutkan sidang tahunan itu untuk memfasilitasi lembaga-lembaga negara menyampaikan laporan kinerja. Jadi, bukan forum untuk politik partisan,” kata Charles usai Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8).

Menurut Charles, pidato Zulkifli semestinya fokus kepada laporan kinerja MPR selama setahun ke belakang. Sehingga kritik Zulkifli yang disampaikan ke Jokowi tidak terlepas dari posisi PAN di Pilpres 2019. “Jadi, Pak Zulkifli seharusnya sadar bahwa dia pidato sebagai Ketua MPR, bukan Ketum PAN yang sudah mendukung kubu lain, sehingga dia terlihat sangat bersemangat mengkritik Jokowi,” ucapnya.

Anggota Komisi I DPR itu mengatakan, sidang tahunan adalah forum terhormat dan pemersatu jelang peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Tetapi, oleh Zulkifli akhirnya dijadikan sebagai forum partisan. “Ketua MPR kali ini bukan seorang negarawan,” tuturnya.

Selain itu, Charles juga mempertanyakan data-data yang dipakai Zulkifli di bidang ekonomi. Misalnya, soal harga sembako dan daya beli masyarakat yang disebut Zulkifli sebagai aspirasi emak-emak. Menurut data BPS per Juli 2018, inflasi sebesar 3,18 persen adalah terendah sepanjang sejarah.

“Jadi kalau mengkritik harus berbasis data jangan fiksi. Karena ukuran keberhasilan kinerja Pak Jokowi berdasarkan data. Bukan asal omong,” pungkasnya.

Dalam pidatonya Zulkifli meminta agar harga sembako lebih terjangkau.  "Bapak Presiden, ini ada titipan emak-emak, titipan rakyat Indonesia agar harga-harga terjangkau, agar kebutuhan sehari-hari (terpenuhi)," kata Zulkifli.

Selain Charles, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto juda menuding pernyataan Ketua MPR Zulkifli Hasan soal kinerja industri tak memiliki dasar legitimasi. Mengingat, tugas Ketua MPR bukan dalam kapasitas melalukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah. Tugas pengawasan hanya dilakukan oleh DPR, sehingga klaim Ketua Umum PAN itu salah alamat atau tak ngerti aturan.

"Fungsi MPR itu terkait empat pilar yakni Pancasila,UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Jadi data yang disampaikan tidak tepat," ungkap Airlangga di Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Pria yang menggantikan Setya Novanto sebagai Ketua Umum Partai Golkar ini kemudian membeberkan sejumlah kinerja yang dicapai oleh sektor industri selama beberapa waktu belakangan. 0 DAY


Berita Lainnya
Rabu, 01 Mei 2019
Selasa, 30 April 2019
Senin, 29 April 2019
Minggu, 28 April 2019
Sabtu, 27 April 2019
Jumat, 26 April 2019
Rabu, 24 April 2019
Selasa, 23 April 2019
Senin, 22 April 2019
Sabtu, 20 April 2019
Sabtu, 20 April 2019
Sabtu, 20 April 2019