Selasa, 02 Oktober 2018 11:13:06

Airport Tax Rencana Naik Lagi

Airport Tax Rencana Naik Lagi

Beritabatavia.com - Berita tentang Airport Tax Rencana Naik Lagi

PT Angkasa Pura II (Persero) berencana menaikkan tarif pelayanan jasa penumpang udara (PJP2U) atau passengger service charge (PSC), salah satu ...

Airport Tax Rencana Naik Lagi Ist.
Beritabatavia.com - PT Angkasa Pura II (Persero) berencana menaikkan tarif pelayanan jasa penumpang udara (PJP2U) atau passengger service charge (PSC), salah satu komponen airport tax atau pajak Bandar. Padahal pada 1 Maret 2018, airport tax sudah mengalami kenaikan lagi, dampaknya pasti turut mengerek harga tiket pesawat yang dibeli penumpang.

PJP2U tadi dibahas dalam waktu dekat akan dilakukan suatu settlement dengan sesuatu harga tertentu, kita akan finalisasi dalam waktu dekat, kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikutip Bisniswisata.co.id, Selasa (2/10/2018).

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan penyesuaian tarif PJP2U untuk menyeimbangkan biaya yang digelontorkan untuk investasi. Karena bandara-bandara yang kami usulkan untuk disesuaikan PSC-nya adalah bandara yang sudah kami investasi dalam belanja modal dua hingga tiga tahun terakhir, katanya.

Ia tidak menyebutkan usulan kenaikan PJP2U, namun akan disesuaikan dengan inflasi. Kita yang mengajukan, konsultasinya kami dan dievaluasi. Salah satu yang diukur adalah dampaknya ke inflasi. Kalau dampaknya ke inflasi cukup tinggi, catatan pemerintah kan sangat strongly recommended, katanya.

Awaluddin berjanji dengan kenaikan PJP2U, mutu pelayanan juga akan meningkat. Sehingga konsepnya bahwa apa yang sudah kita investasi dan dibantu pemerintah disesuaikan tarifnya, kita kembalikan besaran yang dapat atau pendapatan kembalikan lagi menjadi investasi peningkatan mutu, kata dia.

Karena bandara yang sudah ditanam modalnya itu, perlu ada perbaikan serta pemeliharaan. Ada investasi ulang dan kita engga bisa investadi lagi kalau penyesuaian tidak dilakukan, katanya.

Konsep yang dilakukan Awaluddin yaitu subsidi silang, yaitu bandara dengan ebitda negatif ditutupi dengan bandara dengan ebitda positif. Bandara-bandara yang diusulkan untuk dinaikkan PJP2U, yaitu bandara dengan ebitda negatif.

Tadi kami usulkan beberapa bandara yang memang ebitdanya negatif. Kenapa bisa negatif Karena tidak seimbang antara investasi kita dengan yang kita dapat dengan pendapatan kita, katanya.

Meskipun, Awaluddin mengaku bahwa yang didapat tidak begitu banyak karena pihaknya mendapatkan pelimpahan bandara-bandara Kemenhub, seperti Bandara Belitung, Pontianak, Banyuwangi dan sebagainya. Kami mengusulkan seluruh bandara dilakukan penyesuaian PJP2U, kecuali Bandara Internasional Soekarno-Hatta, lontarnya.

Pada tahun 2017, PT Angkasa Pura II mencatat jumlah penumpang sebanyak 105 juta penumpang atau naik 10,83 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 95 juta penumpang. AP II pada tahun 2018 membidik pendapatan Rp 9,4 triliun atau tumbuh 17,6 persen dibanding 2017. AP II membidik jumlah lalu lintas penumpang sebanyak 119 juta orang pada tahun ini. Artinya, semakin banyak penumpang pesawat, pajak dari aeronautika yang didapat juga akan semakin meningkat lagi. 0 BW


Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Rabu, 27 Desember 2023
Sabtu, 25 November 2023
Sabtu, 25 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Senin, 30 Oktober 2023
Senin, 30 Oktober 2023