Rabu, 31 Oktober 2018

Psikolog Cegah Kecelakaan & Korupsi

Psikolog Cegah Kecelakaan & Korupsi

Beritabatavia.com - Berita tentang Psikolog Cegah Kecelakaan & Korupsi

Seperti tak pernah usai. Peristiwa tragedy mengerikan terus terjadi. Kecelakaan pesawat Lion Air di laut Karawang menambah deretan peristiwa yang ...

Ist.
Beritabatavia.com - Seperti tak pernah usai. Peristiwa tragedy mengerikan terus terjadi. Kecelakaan pesawat Lion Air di laut Karawang menambah deretan peristiwa yang menelan korban jiwa ratusan orang. Sekaligus menuai kesedihan dan kepedihan mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya para keluarga korban.

Beragam peristiwa akibat kecelakaan di jalan raya, laut dan udara meninggalkan  kisah kepedihan dan memilukan. Seperti kisah Maya yang tergerus kesedihan akibat kecelakaan yang dialami Dika kekasihnya. Pasca kecelakaan, Dika menjadi lupa ingatan sehingga tidak lagi mengingat kisah cintanya dengan Maya yang sudah dijalin selama 4 tahun. Dalam kondisi lupa ingatan Dika dinikahkan oleh orang tuanya dengan wanita bernama Rasti. Beragam kisah memilukan lainnya akibat sebuah kecelakaan baik itu di jalan raya, laut dan udara.

Seharusnya, kisah sedih dan memilukan akibat kecelakaan dapat dicegah dengan berbagai upaya. Seperti pemeriksaan psikolog secara berkala bagi profesi beresiko tinggi dan menyangkut keselamatan orang banyak seperti pilot,nakhoda kapal atau kapten kapal, para pengemudi angkutan umum.

Psikolog kondang Lita Gading,M.Soc.Sc.M.Psi mengatakan bukan hanya profesi beresiko tinggi dan terkait dengan keselamatan jiwa. Tetapi semua bidang profesi terutama yang langsung berhubungan dengan humanistic sangat perlu uji klinis psikologi secara berkala. Bahkan anggota DPR juga seharusnya didampingi psikolog agar tidak korupsi dan melakukan tindakan tak terpuji lainnya.

Lita Gading menjelaskan, dalam ilmu psikologi orang yang expert dibidangnya disebut psikolog. Pendampingan psikolog bertujuan untuk menjaga mental,pikiran dan perilakunya tetap sehat sehingga dapat bertindak sesuai dengan koridor nilai-nilai Agama, keselamatan jiwa dan hubungan sosial.

Lita Gading yang juga berperan dalam sejumlah sinetron layar kaca mengungkapkan, psikologi sosial merupakan ilmu mengenai proses perkembangan mental dan perilaku manusia dalam konteks sosial. Oleh karena itu,peran psikolog sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena manusia adalah mahluk sosial (zoon politicon) dimana manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang orang lain. Dalam kehidupannya manusia akan selalu berhubungan dengan orang lain.

Psikolog cantik ini melanjutkan, kita semua pemimpin perusahaan, pejabat pemerintah, guru,pelajar, mahasiswa, pilot,nakhoda dan profesia beragam lainnnya semuanya membutuhkan psikolog karena mereka akan bekerja atau melakukan aktivitas bersama orang lain.

Nah,lanjut Lita Gading,  interaksi manusia di masyarakat baik itu secara individu maupun kelompok menimbulkan respon kejiwaan. Reaksi kejiwaan seperti sikap,emosional, perhatian,kemauan.Kemudian juga motivasi, harga diri dan lain sebagainya tercakup dalam psikologi sosial khususnya.

Kondisi dalam berinteraksi tidak hanya dipengaruhi proses kejiwaan tetapi juga factor lingkungan. Faktor lingkungan berlaku seperti norma, nilai, aturan sosial,budaya, cuaca dan lainnya. Kemudian lingkungan tersebut mempengaruhi harga diri, etos kerja,kebanggaan,semangat hidup ataupun kesadaran orang dalam kehidupan sehari-hari. Peranan keluarga, teman sejawat dan orang-orang dalam lingkungan juga mendorong semangat,prestasi seseorang dalam mencapai keberhasilan.

Sayangnya,lanjut Lita Gading, peran psikolog acapkali dianggap sebagai profesi yang bayarannya mahal. Bahkan lebih ektrim orang yang berkonsultasi atau sekedar konseling untuk mencari solusi masalah pribadinya dengan psikolog dituding sebagai orang "Gila".

Namun, Lita Gading menilai kondisi tersebut akibat sosialisasi tentang peran psikolog masih belum maksimal. Padahal terapi berkala oleh psikolog itu sangat memberikan manfaat bagi masyarakat yang mengalami permasalahan maupun meningkatkan kualitas SDM dan etos kerja.

Lita Gading optimis, melibatkan psikolog dapat mencegah terjadi peristiwa yang memilukan, seperti kecelakaan pesawat Lion Air pada Senin 29 Oktober 2018 lalu. Menurut Lita Gading, sudah waktunya untuk melibatkan psikolog melakukan terapi berkala bagi setiap profesi agar mental dan perilakunya tetap terjaga dengan baik.O Edison Siahaan


Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Senin, 17 September 2018
Senin, 17 September 2018
Senin, 17 September 2018
Senin, 17 September 2018
Senin, 17 September 2018
Sabtu, 25 Agustus 2018
Sabtu, 25 Agustus 2018
Senin, 06 Agustus 2018
Jumat, 27 Juli 2018
Rabu, 18 Juli 2018
Rabu, 11 Juli 2018
Jumat, 25 Mei 2018