Rabu, 31 Oktober 2018 18:39:05

ITW Minta Menhub Perketat Syarat Penerbangan

ITW Minta Menhub Perketat Syarat Penerbangan

Beritabatavia.com - Berita tentang ITW Minta Menhub Perketat Syarat Penerbangan

Indonesia Traffic Watch (ITW) berharap tragedy Lion Air JT 610 rute  Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh di perairan Karawang dan  menelan ...

ITW Minta Menhub Perketat Syarat Penerbangan Ist.
Beritabatavia.com - Indonesia Traffic Watch (ITW) berharap tragedy Lion Air JT 610 rute  Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh di perairan Karawang dan  menelan korban ratusan jiwa, dijadikan momentum perbaikan pengawasan disemua lini terkait keselamatan penerbangan.
 
Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan juga mengingatkan agar Menhub Budi Karya Sumadi tidak hanya berhenti pada pencopotan Direktur Operasi Lion Air. Tetapi harus dilanjutkan dengan upaya perbaikan dan meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan penerbangan.

Kita berharap ini peristiwa terakhir dan tidak ada lagi tragedy seperti yang kita alami saat ini, kata Edison Siahaan, Rabu (31/10) saat dihubungi wartawan.

Menurut Edison, kedepan Menhub sebagai regulator harus mewajibkan seluruh perusahaan penerbangan mengumumkan secara transparan rekomendasi bahwa pesawat sudah layak terbang.
Begitu juga pilot dan seluruh awak pesawat harus ada rekomendasi dari psikolog yang menyatakan bahwa kondisi mental dan jiwa mereka dalam kondisi stabil dan bias melakukan penerbangan.

Edison meminta, kedua rekomendasi itu dipasang atau di tempel di pintu masuk ruang tunggu atau ditempat yang dapat dibaca oleh para calon penumpang. Sehingga para penumpang dapat diyakinkan bahwa mereka bukan terbang menuju maut.

Keduanya dapat dijadikan persyaratan untuk bisa terbang, tegasnya. Ketentuan itu sekaligus dapat menjadi chek and recheck untuk memastikan semua pihak yang terlibat dalam proses penerbangan sudah bekerja dengan baik dan benar.
 
Menurut Edison, airmata kita sudah kering akibat kecelakaan dan bencana yang menimpa sejumlah wilayah negeri ini. Oleh karena itu ITW meminta Menhub agar lebih fokus pada upaya mewujudkan keselamatan penerbangan. Edison juga mengingatkan agar Menhub tidak perlu ragu melakukan tindakan tegas hingga pencabutan izin operasi apabila tidak menaati aturan sehingga potensi menimbulkan terjadinya kecelakaan. O Iki

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 06 Agustus 2020
Sabtu, 25 Juli 2020
Kamis, 23 Juli 2020
Rabu, 22 Juli 2020
Minggu, 19 Juli 2020
Kamis, 16 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
Rabu, 08 Juli 2020
Rabu, 08 Juli 2020