Rabu, 21 November 2018 15:06:26

Warga Jakarta Barat Bisa Urus Paspor di Mal

Warga Jakarta Barat Bisa Urus Paspor di Mal

Beritabatavia.com - Berita tentang Warga Jakarta Barat Bisa Urus Paspor di Mal

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jakarta Barat membuka layanan pembuatan paspor di mal pertama kali se-DKI ...

 Warga Jakarta Barat Bisa Urus Paspor di Mal Ist.
Beritabatavia.com - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jakarta Barat membuka layanan pembuatan paspor di mal pertama kali se-DKI Jakarta di Lippo Mall Puri, Kembangan, mulai Rabu (21/11/2018). Pelayanan dibuka pukul 08.00-16.00 WIB. Warga di luar wilayah Jakarta Barat pun boleh mengurus paspor di gerai ini.

Pelayanan publiknya berbasis di mal ini, bisa membuat masyarakat lebih nyaman, lebih santai, kata Kepala Unit Layanan Paspor I Imigrasi Jakarta Barat Doly Samuel Mulatua Tambunan.

Gerai pelayanan paspor terletak di basement mal yang bersebelahan dengan gerai Samsat Jakarta Barat. Ruang dengan luas 400 meter persegi tersebut memiliki dua buah booth pelayanan. Ada pula bangku yang disediakan bagi warga di ruang tunggu.

Dijelaskan. masyarakat yang sudah mendaftar online bisa langsung mengantre untuk pengurusan paspor. Namun, pada hari pertama layanan dibuka, masih ditemukan pemohon yang belum mendaftar online sehingga diarahkan untuk mendaftar dulu.

Ada dua perbedaan pelayanan paspor di kantor imigrasi dan mal, yaitu jumlah kuota pemohon dan jenis layanan yang disediakan. Kuota layanan kantor imigrasi sebanyak 400 pemohon per hari, sedangkan kuota layanan di mal 96 pemohon per hari.

Tidak ada perbedaan terkait harga layanan. Pembuatan paspor tetap Rp 355.000 dan Rp 655.000 paspor elektronik (e-paspor). Di sini melayani penggantian paspor, habis masa berlaku (perpanjangan paspor) sama pengajuan paspor baru. Kalau hilang dan e-paspor di pusat (kantor imigrasi), kata Samuel.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jakarta Barat membuka layanan pembuatan paspor di mal pertama kali se-DKI Jakarta di Lippo Mall Puri, Kembangan, mulai Rabu (21/11/2018).

Berdasarkan pantauan di lokasi, pada pelayanan hari pertama di mal hingga pukul 11.00 WIB, antrean memasuki nomor 48. Sejumlah pemohon layanan mulai ramai dibangku ruang tunggu. Juga mengantre foto identitas paspor dan wawancara. Iya ramai karena antusias dari orang sekitar sini, ini kan perbatasan Jakbar sama Tangerang, jadi antusias orang lebih banyak di sini, kata dia.

Salah satu pemohon, Bariah (35), datang dari Serang, Tangerang, Banten untuk melakukan pengurusan paspor. Ia datang bersama lima orang rekannya dari Serang pukul 07.00 WIB dan tiba di lokasi pukul 10.00 WIB.

Bariah bersama teman-temannya mengurus pembuatan paspor karena hendak menjalani ibadah Haji pada 2019. Di Serang ada (kantor Imigrasi) cuma penuh terus, lagi banyak yang bikin. Dikasih tahu mantu, di sini (Lippo Mall Puri) ada (layanan pembuatan paspor), kata Bariah.

Suha (76), salah satu teman Bariah yang juga ikut dalam pembuatan paspor untuk ibadah Haji, mengatakan bahwa keberadaan layanan pembuatan paspor memudahkannya. Ia datang untuk wawancara dan foto identitas setelah pengurusan berkas lewat online. Iya mudah ya cepat, kata Suha.

Sementara itu, Farida (42), warga Grogol Petamburan, mengatakan bahwa ia datang untuk memperpanjang paspor. Ia berencana berlibur dengan teman-temannya ke Thailand pada libur awal tahun 2019 nanti.

Menurut dia, keberadaan layanan paspor di mal dapat mempermudah pengunjung mal. Infonya dapat dari teman, beberapa hari lalu. Sekalian juga mampir mau ke mal. Ada yang mau dibeli, kata Farida. 0 KMP
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 02 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019
Senin, 30 Desember 2019
Rabu, 25 Desember 2019
Selasa, 24 Desember 2019
Minggu, 22 Desember 2019
Jumat, 20 Desember 2019
Rabu, 11 Desember 2019
Selasa, 10 Desember 2019
Senin, 09 Desember 2019
Sabtu, 07 Desember 2019
Kamis, 05 Desember 2019