Kamis, 22 November 2018

Andika Perkasa Dilantik Presiden Jokowi Jabat KSAD

Ist.
Beritabatavia.com -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letjen Andika Perkasa menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru. Andika yang sebelumnya menjabat Panglima Kostrad (Pangkostrad) menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang memasuki masa pensiun pada awal 2019.
Pelantikan digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (22/11).

Upacara pelantikan diawali pembacaan surat Keputusan Presiden Nomor 97/TNI Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAD ditetapkan 22 November 2018, oleh Sekretaris Militer. Dilanjutkan pengambilan sumpah oleh Presiden Jokowi yang diikuti Andika,

"Saudara Letjen Jenderal Andika, Apakah Anda bersedia diambil sumpah dalam agama Islam?" Kata Jokowi.

"Bersedia," jawab Andika Perkasa yang didampingi seorang rohaniwan.

Dalam sumpahnya, Andika menyatakan siap menjalankan tugas sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dengan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, sebagai pejabat tinggi negara, dia bersumpah akan menolak berbagai macam pemberian.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Andika Perkasa mengikuti lafadz sumpah yang disampaikan Presiden Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengam sebaik baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan setia menjunjung tinggi Sumpah Prajurit," lanjut Andika.

Setelah prosesi pembacaan sumpah dan pelantikan selesai dilakukan, selanjutnya Jokowi dan Andika menandatangani berita acara yang disaksikan oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Menko Polhukam Wiranto.

Upacara pelantikan dimulai pada pukul 09.00 WIB, yang dihadiri para menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK, para pimpinan DPR, DPD dan MPR serta para perwira tinggi di jajaran TNI maupun Polri.

Jabatan terakhir Andika  yang lahir di Bandung, 21 Desember 1964 adalah Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Andika juga pernah menjabat Dankodiklatad, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, dan pernah menjadi Komandan Paspampres pada Oktober 2014, sesaat setelah Jokowi dilantik sebagai Presiden RI. Andika Perkasa adalah menantu dari mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Mulyono meminta kepada Andika Perkasa yang menggantikan posisinya untuk melanjutkan kemajuan Angkatan Darat. Dia juga memberikan selamat kepada Andika yang telah resmi dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat agar bisa menjalankan tugas.

"Ya pesannya tadi saya sampaikan, selamat bertugas sukses selalu, apa yang masih bisa dilanjutkan untuk kemajuan AD ya lanjutkan," kata Mulyono usai menghadiri acara pelantikan di Istana Kepresidenan.

Dia yakin Andika bisa menjalankan program Angkatan Darat. Yang paling penting, Andika mampu menjunjung nilai-nilai yang sudah dijalankan oleh AD. "Kalau dinilai masih bagus dan layak dilanjutkan ya lanjutkan. Kalau harus direvisi dilihat situasi ya diperbaiki. Saya rasa organisasi memang seperti itu ya," kata Mulyono.

Diketahui Andika menggantikan Mulyono yang akan pensiun pada awal 2019. Mulyono mengakui akan beristirahat dimasa tuanya. "Ya istirahat dong abis pensiun. Saya belum terpikir ke sana (dunia politik)," ungkap Mulyono. 0 DAY
Berita Lainnya
Senin, 24 Desember 2018
Jumat, 21 Desember 2018
Selasa, 18 Desember 2018
Senin, 17 Desember 2018
Sabtu, 15 Desember 2018
Selasa, 11 Desember 2018
Jumat, 07 Desember 2018
Kamis, 06 Desember 2018
Rabu, 05 Desember 2018
Selasa, 04 Desember 2018
Selasa, 04 Desember 2018
Kamis, 29 November 2018