Senin, 03 Desember 2018

Baut JPO Grogol Lepas, Pelayanan Pemprov Dipertanyakan

Baut JPO Grogol Lepas, Pelayanan Pemprov Dipertanyakan

Beritabatavia.com - Berita tentang Baut JPO Grogol Lepas, Pelayanan Pemprov Dipertanyakan


Suasana yang berbeda terasa saat melewati Jembatan Penyeberangan Orang ( JPO) Grogol dari Halte Grogol 2 ke Grogol 1 pada Senin (3/12/2018). ...

Ist.
Beritabatavia.com -
Suasana yang berbeda terasa saat melewati Jembatan Penyeberangan Orang ( JPO) Grogol dari Halte Grogol 2 ke Grogol 1 pada Senin (3/12/2018). Sejumlah baut pelat bordes di jembatan terlepas dan membuat pelat terbuka dan menganga.

Pada bagian pelat yang terbuka terpasang sebuah traffic cone sebagai tanda melintas di lajur tersebut. Pejalan kaki pun harus bergantian pada satu lajur karena menghindari tanda tersebut.

Sebagai jembatan penghubung dari dua halte transit bus transjakarta, JPO Grogol terhitung menjadi jembatan sibuk yang dilalui penumpang bus dan pejalan kaki dari arah Jalan Kyai Tapa menuju Jalan S. Parman atau sebaliknya. Kerusakan parah di beberapa JPO memang menjadi pertanyaan menggelitik soal pelayanan Pemprov DKI kepada warganya.

Seorang pejalan kaki, Ajeng (23), mengatakan hampir setiap hari menggunakan JPO Grogol. Ia menyebut pada beberapa pelat besi di sana memang ada bagian yang terbuka dan membuatnya cemas saat melintas. "Agak deg-degan gitu kalau lewat. Di sini orang transit buru-buru. Malah kadang ada yang lari-larian mengejar bus," kata Ajeng di lokasi.

Pejalan kaki lainnya, Novi (28), mengatakan, pelat border yang terbuka dapat membahayakan pejalan kaki lainnya, khususnya warga yang menggunakan sandal. "Cukup bahaya sih. Kalau kena kaki pakai sandal, lumayan juga kena besi kan. Enggak cuma orang-orang tua yang lewat, kadang anak-anak kecil juga," katanya.

Ia berharap pelat bordes yang terbuka segera diperbaiki untul kenyamanan pejalan kaki. Sebab, ia menilai JPO Grogol sering dilintasi.
"Semoga cepat diperbaiki ya ini, bahaya juga. Banyak juga yang lewat," katanya.

Meski demikian, ia melihat adanya perbaikan pada beberapa bagian di sana, yaitu di Halte Transjakarta Grogol 2 yang kini telah terpasang pelat baru. Ia berharap perbaikan pelat bordes JPO yang terlepas dari bautnya bisa segera dilakukan.

"Mungkin bertahap ya, semoga cepat. Soalnya beberapa minggu lalu yang sebelah sana (JPO Halte Grogol 2) ada perbaikan. Lebih seram di sana kalau berlubang, bawahnya sudah kali," katanya.

Kasie Pemeliharaan Bina Marga DKI Jakarta Hans Mahendra mengatakan, baut pelat bordes yang terlepas biasanya yang terbuat dari stainless. Sementara pelat baja dikencangkan bukan dengan pemasangan baut, melainkan pengelasan.

Ia menilai lepasnya baut pada pelat bordes karena kerap dilintasi para pejalan kaki. "Karena rutinitas orang banyak lewat, itu (jembatan) kan jadi gerak terus, getar terus, itu kan cuma baut kecil yang beratnya kecil, lama-lama kan aus. Biasanya kami bor lagi, kami kencangkan lagi dan kami bikin lubang (baut) baru lagi," kata Hans seperti dilansir Kompas.com

Hans mengatakan, pengontrol pemeliharaan JPO dilakukan petugas satuan tugas (satgas) yang memonitor ke lokasi. Selain itu, bergerak dari laporan warga untuk pemeliharaannya. "Biasanya yang kecil-kecil begitu pakai satgas. Kadang warga melapor, satgas turun keliling inspeksi. Itu masuk pemeliharaan rutin ya, mengencangkan baut," katanya. 0 KMP

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 31 Juli 2019
Selasa, 30 Juli 2019
Sabtu, 27 Juli 2019
Jumat, 26 Juli 2019
Rabu, 24 Juli 2019
Jumat, 19 Juli 2019
Kamis, 18 Juli 2019
Rabu, 17 Juli 2019
Selasa, 16 Juli 2019
Senin, 15 Juli 2019
Minggu, 14 Juli 2019
Senin, 08 Juli 2019