Senin, 24 Desember 2018

Presiden Jokowi Tinjau Korban Tsunami

Presiden Jokowi Tinjau Korban Tsunami

Beritabatavia.com - Berita tentang Presiden Jokowi Tinjau Korban Tsunami

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin (24/12) bertolak ke Provinsi Banten untuk meninjau penanganan pascabencana tsunami yang menerjang pantai di ...

Ist.
Beritabatavia.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin (24/12) bertolak ke Provinsi Banten untuk meninjau penanganan pascabencana tsunami yang menerjang pantai di sekitar Selat Sunda, khususnya di Kabupaten Pandenglang, Lampung Selatan, dan Serang.

Melalui Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja Bogor, Jawa Barat, Presiden Jokowi beserta rombongan lepas landas menuju Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, dengan menggunakan Helikopter EC725 Caracal milik TNI AU, pada pukul 09.00 WIB.

Setibanya di Kabupaten Pandeglang, Presiden Jokowi langsung meninjau beberapa lokasi yang terdampak bencana tsunami. Selain itu, Presiden akan mengunjungi beberapa puskesmas dan rumah sakit di Pandeglang yang jadi tempat perawatan para korban bencana tsunami.

Dalam peninjauan ini, Presiden ingin memastikan bahwa penanganan dampak bencana tsunami dapat diselesaikan dengan cepat dan baik, terutama evakuasi korban dan adanya bantuan pelayanan kesehatan.

Kemarin saat memberikan keterangan pers di Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Presiden telah menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Sosial, Panglima TNI, hingga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan jajaran terkait untuk langsung terjun ke lapangan melakukan evakuasi dan pendataan.

"Saya juga telah memerintahkan untuk melakukan langkah-langkah darurat menemukan korban dan juga melakukan perawatan secepat-cepatnya," ucap Presiden.

Tim Sar gabungan kembali menemukan tiga mayat yang terdiri dari 2 mayat perempuan dan 1 laki-laki di reruntuhan vila Stephani yang jaraknya sekitar 1 km dari Vila Sambolo Carita. Ketiga mayat yang baru ditemukan tersebut langsung dilarikan ke puskesmas Carita untuk  diidentifikasi.

Saat ini  tim sar gabungan terus melakukan proses evakuasi disejumlah reruntuhan vila dan hotel yang berada disepanjang pantai di Pandeglang dan Banten. Sebelumnya tim SAR juga menemukan dua mayat dari reruntuhan  Vila Sambolo. Kemungkinan jumlah korban akan terus bertambah, dengan dilakukannya evakuasi disejumlah tempat.

Data BNPB, hingga 23.30 WIB, Minggu (23/12) ada 281 orang yang dinyatakan meninggal dunia akibat tsunami Selat Sunda. Selain itu 408 orang dinyatakan hilang, 720 orang luka-luka dan 4.411 orang mengungsi akibat bencana yang diduga masih terkait erupsi Gunung Anak Krakatau ini.

Tsunami menerjang kawasan Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam. Bencana ini merupakan fenomena langka karena tidak disebabkan gempa bumi, melainkan dipicu aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau. 0 EEE


Berita Lainnya
Jumat, 04 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Kamis, 03 Oktober 2019
Rabu, 02 Oktober 2019
Selasa, 01 Oktober 2019
Senin, 30 September 2019
Minggu, 29 September 2019
Sabtu, 28 September 2019
Jumat, 27 September 2019
Selasa, 24 September 2019
Senin, 23 September 2019
Kamis, 19 September 2019