Minggu, 17 Februari 2019

Kunjungan Wisatawan ke Kepulauan Seribu Merosot Tajam

Kunjungan Wisatawan ke Kepulauan Seribu Merosot Tajam

Beritabatavia.com - Berita tentang Kunjungan Wisatawan ke Kepulauan Seribu Merosot Tajam

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mendapat pengaduan dari para pemilik Pulau Resort dan kawasan wisata di kepulauan yang ada di atas ...

Ist.
Beritabatavia.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mendapat pengaduan dari para pemilik Pulau Resort dan kawasan wisata di kepulauan yang ada di atas kota Jakarta. Pengaduan itu terkait penurunan wisatawan yang terjun bebas hingga 50 persen. Merosotnya kunjungan ini sangat merugikan bisnis hotel dan pariwisata.

"Memang sejak musibah tsunami di Selat Sunda berdampak kepada kunjungan wisatawan bukan hanya di Pulau Resort tetapi di Pulau-pulau Wisata Permukiman maupun objek wisata d kawasan Kepulauan Seribu hingga 50 persen," papar Asisten Pemerintahan Kepulauan Seribu, Arif Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Ahad (17/2/2019).

Ia menuturkan, Pemkab Kepulauan Seribu akan mengundang para pemilik Pulau Resort maupun agen travel dalam waktu dekat. Hal itu dilakukan untuk mencari solusi membangkitkan kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu.

Selain itu, Pemkab Kepulauan Seribu juga akan berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Arif melanjutkan, untuk memasikan wilayah Kepulauan Seribu aman dan tidak terdampak tsunami.

Sehingga wisatawan tidak perlu khawatir berlibur ke pulau-pulau wisata yang ada di Kepulauan Seribu. "Pemkab sudah melakukan berbagai event melalui Sudin Pariwisata dan Kebudayaan untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara," ujarnya.

Pemkab juga mendapatkan pengaduan dari warga mengenai pagar rumah dinas SDN 02 Pulau Tidung yang sudah doyong. Arif menambahkan, ada pula batu besar di pintu masuk pelabuhan utara yang mengakibatkan kapal berukuran besar tidak bisa masuk.

Ia mengatakan, pihaknya sudah menindaklanjuti ke Suku Dinas Pendidikan Kepulauan Seribu untuk persoalan pagar rumah dinas. Sementara Suku Dinas Perhubungan terkait batu besar yang harus segera diangkat.

Beberapa destinasi wisata di Kepulauan Seribu antara lain:

#. Pulau Bidadari
Pulau Bidadari atau sempat dikenal dengan Pulau Sakit merupakan salah satu resor di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Nama Pulau Sakit diperoleh pada zaman kejayaan Belanda di tanah Jakarta ketika VOC membangun rumah sakit kusta di area ini. Seiring dengan perkembangan sejarah, bukan hanya nama Pulau Sakit yang ditinggalkan, melainkan berbagai peninggalan Belanda yang masih tersisa di sini.

Sempat tak berpenghuni hingga tahun 1970, siapa sangka kini Pulau Bidadari justru menjadi lokasi yang cukup digemari para traveller. Pasalnya, Pulau Bidadari memiliki floating cottage alias resor yang berada di atas laut. Namun, cottage di darat dengan model panggung dan non-panggung juga tersedia di sini.

Pulau Bidadari memiliki berbagai fasilitas bermain, mulai dari banan boat hingga jetski bisa ditemui di sini. Yang menyenangkan, pulau ini juga dekat dengan Pulau Onrust. Traveller yang mengunjungi Pulau Bidadari pun bisa menyewa speedboat untuk menyebrang ke sana. Bila ingin berwisata air, bisa bermain dengan banana boat, jetski, kano, kayak laut, memancing dan berenang di pantai.

Di bibir pantai terdapat sejumlah pendopo untuk tempat duduk bersantai atau sekadar rebahan melepas kepenatan dan menikmati sejuknya hembusan angin pantai. Resor Pulau Bidadari juga memiliki taman yang berada di bawah rindangnya pohon-pohon sehingga tak perlu khawatir akan kepanasan.

Bila pengunjung hendak menyeberang ke Pulau Onrust, pengelola pulau menyediakan speedboat kecil untuk mengantar. Berkapasitas hingga ratusan orang, pulau ini cocok dijadikan lokasi outbond, gathering maupun outing.

#. Pulau Sepa
Hamparan pasir putih dengan bibir pantai yang landai ternyata bisa ditemui di wilayah Jakarta. Melangkah ke Kepulauan Seribu, Anda bisa mengunjungi Pulau Sepa yang menawarkan keindahan alam nan menawan.

Tak hanya pemandangan pasir putih yang memesona, Pulau Sepa juga menjadi lokasi ideal untuk snorkelling, diving, ataupun sekadar berenang. Pasalnya, lokasi ini memiliki titik diving yang bisa dieksplor para diver. Sama seperti sejumlah Pulau lain di Kepulauan Seribu, Pulau Sepa dilengkapi dengan fasilitasi cottage, banana boat, play ground, canoe, dan lain-lain.

Tak kalah menarik, selain bisa menikmati keindahan biota laut di pulau ini, Anda juga bisa berkunjung ke konservasi Penyu Sisik dan Terumbu Karang yang dikelola secara alami. Pilihan cottage yang tersedia pun cukup beragam, namun cottage yang mengapung di atas permukaan laut menjadi salah satu favorit para traveller.

#. Pulau Pari
Pulau Pari merupakan salah satu destinasi yang cukup populer di kalangan traveller Ibu Kota. Pasalnya, pulau ini memiliki tiga pantai yang menawan, yakni Pantai Pasir Perawan, LIPI, dan Kresek. Berkunjung ke Pantai Pasir Perawan, Anda bisa merasakan pengalaman bermain pasir putih dengan ombak tenang dari air laut yang jernih.

Keindahan dari pantai unggulan Pulau Pari ini juga bisa Anda nikmati dengan bersepeda di pinggir pantai atau melihat sunrise dan sunset. Selain Pantai Pasir Perawan, area Pulau Pari juga memiliki pusat konservasi penelitian oceanografi Indonesia. Di sisi barat Pulau Perawan terdapat area pemeliharaan dan penelitian biota serta tanaman laut yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Nama pantai ini pun disebut Pantai LIPI. Sebagai lokasi pemeliharaan, sudah tak diragukan lagi jika pantai LIPI memiliki pemadangan yang menakjubkan. Menikmati  sunset di pantai ini menjadi rekomendasi yang mungkin bisa Anda coba. Tak jauh dari Pantai Lipi, Anda juga bisa menemui Pantai Kresek. Pasir ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan padang ilalang yang tentunya instagramable. 0 BWO
Berita Lainnya
Rabu, 17 April 2019
Selasa, 16 April 2019
Selasa, 09 April 2019
Senin, 08 April 2019
Minggu, 07 April 2019
Minggu, 14 April 2019
Jumat, 05 April 2019
Kamis, 04 April 2019
Rabu, 03 April 2019
Selasa, 02 April 2019
Senin, 01 April 2019
Minggu, 31 Maret 2019