Kamis, 28 Februari 2019 15:51:14

Tips Agar Anak Tak Stres Hadapi Ujian Sekolah

Tips Agar Anak Tak Stres Hadapi Ujian Sekolah

Beritabatavia.com - Berita tentang Tips Agar Anak Tak Stres Hadapi Ujian Sekolah

Menghadapi ujian sekolah adalah momen cukup berat bagi anak. Disinilah biasanya rentan terjadi stres pada anak yang bisa berdampak buruk pada ...

 Tips Agar Anak Tak Stres Hadapi Ujian Sekolah Ist.
Beritabatavia.com -
Menghadapi ujian sekolah adalah momen cukup berat bagi anak. Disinilah biasanya rentan terjadi stres pada anak yang bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan mentalnya. Karena itu, sebagai orang tua sudah sewajarnya untuk mengantisipasi dan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan anak stres jelang ujian sekolah.

Berikut tips bagi orang tua agar membantu anak tidak stres seperti dikutip Timesofindia.com:

1. Tetap tenang
Semakin tenang Anda, semakin jelas Anda akan dapat berpikir dan membantu anak Anda untuk tetap bebas stres. Panik dan gugup adalah cara termudah untuk membuat anak Anda stres. Tetap tenang dan jangan membuat panik di lingkungan. Ini akan membuat anak Anda belajar dengan santai.

2. Setop membandingkan
Salah satu kesalahan terbesar yang cenderung dilakukan orang tua adalah membandingkan anak-anak mereka dengan orang lain atau memberi tahu mereka bagaimana anak-anak kerabat mereka mendapat nilai baik. Ini sangat penting jika Anda memiliki anak yang berkinerja tinggi dan Anda tergoda untuk memberi contoh. Perbandingan menurunkan tingkat harga diri pada anak-anak, sebaliknya mendorong mereka untuk melakukan yang terbaik dan tetap di belakang mereka, tidak peduli apa.

3. Jauhkan gangguan
Penting bagi Anda untuk duduk bersama mereka dan memberi tahu mereka bagaimana menghilangkan gangguan tertentu akan membantu mereka tampil lebih baik. Daftar gangguan ini dapat mencakup apa saja dari ponsel cerdas, akun Netflix, media sosial, dll.

4. Berada di sekitar mereka, tetapi jangan mendekat
Sebagai orang tua, Anda adalah sistem pendukung terbesar anak Anda. Melihat Anda di sekitar mungkin tidak hanya menenangkan mereka secara mental tetapi mereka juga mungkin mendekati Anda dengan beberapa keraguan dan pertanyaan. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi Anda untuk hadir di sekitar anak Anda.

5. Perbaiki rutinitas untuk mereka
Penting bagi Anda untuk mengatur jadwal waktu dan rutin yang tepat untuk mereka. Pastikan bahwa mereka tidur nyenyak dan bangunkan mereka untuk sarapan yang mengenyangkan dan bergizi.

6. Ajari mereka untuk istirahat
Tidak masalah seperti apa jadwal belajar anak Anda, penting baginya untuk beristirahat. Ini akan membantu anak-anak untuk berkonsentrasi lebih baik dan mulai dengan pikiran yang lebih segar. Jogging, mendengarkan musik dan bersepeda adalah beberapa dari beberapa cara mereka dapat menikmati waktu istirahat mereka. Namun, dorong mereka untuk menjauh dari multimedia dan alih-alih melakukan aktivitas fisik ringan.

7. Ciptakan lingkungan yang positif
Pada akhirnya, orang tua perlu mengingat, ujian bukan akhir dari dunia. Meskipun mereka ingin anak-anak mereka berhasil dalam ujian ini, itu tidak berarti bahwa rumah itu harus mulai terlihat dan terasa suram. Tetap bahagia dan positif dan gosok anak-anak Anda juga. 0 NIZ

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 08 Februari 2023
Sabtu, 04 Februari 2023
Kamis, 05 Januari 2023
Senin, 19 September 2022
Senin, 13 Juni 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 18 Maret 2022
Kamis, 20 Januari 2022