Senin, 25 Maret 2019 13:02:37

MRT Beroperasi, Lalin Fatmawati-Sudirman Kok masih Padat

MRT Beroperasi, Lalin Fatmawati-Sudirman Kok masih Padat

Beritabatavia.com - Berita tentang MRT Beroperasi, Lalin Fatmawati-Sudirman Kok masih Padat

MRT Jakarta resmi beroperasi pada Senin (25/3/2019). Bahkan pengoperasian ini masih gratis bagi warga yang menaikinya. Sayangnya, arus lalu lintas ...

 MRT Beroperasi, Lalin Fatmawati-Sudirman Kok masih Padat Ist.
Beritabatavia.com - MRT Jakarta resmi beroperasi pada Senin (25/3/2019). Bahkan pengoperasian ini masih gratis bagi warga yang menaikinya. Sayangnya, arus lalu lintas (Lalin) di kawasan Jalan Fatmawati hingga Jenderal Sudirman masih padat seperti biasanya.

Berdasarkan pantauan pada Senin (25/3/2019), arus lalu lintas di Jalan Fatmawati, Jalan Panglima Polim, hingga Jalan Jenderal Sudirman arus lalu lintas masih tampak normal sebagaimana biasanya pada jam sibuk kerja. Arus lalu lintas dari arah Fatmawati ke Bundaran Senayan hingga ke Semanggi padat.

Masih banyak kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Meski sudah ada MRT Jakarta Lebak Bulus-Bundaran HI, perbedaannya masih belum terlalu signifikan, kemungkinan karena masyarakat masih banyak yang belum menggunakan moda transportasi cepat tersebut.

Adapun hari ini, MRT Jakarta masih beroperasi secara gratis dan bagi masyarakat yang hendak menggunakan MRT Jakarta harus lebih dahulu mendaftar secara online melalui aplikasi bukalapak. Salah satu pemotor, Mursadi (37) mengatakan, dia belum tahu kalau MRT Jakarta sudah beroperasi dan bisa dinaiki secara gratis.

Namun, memang dia masih belum mau menggunakan moda transportasi massal, baik Transjakarta maupun MRT Jakarta karena menggunakan kendaraan pribadi lebih praktis dibandingkan kendaraan umum. Naik kendaraan sendiri lebih mudah yah, dari rumah di Kemang sudah langsung jalan sampai di tempat kerjaan di Senayan, ujarnya.

Dalam mengakses transportasi umum, ada hal-hal yang diperbolehkan dan dilarang untuk dilakukan. Begitu pun saat menaiki kereta MRT Jakarta yang mulai bisa diakses secara komersial pada hari ini, Senin (25/3/2019).

Mengutip panduan dari PT MRT Jakarta, berikut hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berada di stasiun ataupun ketika menaiki kereta:

1. Tidak boleh bermain atau berlarian di stasiun dan di dalam kereta MRT.

2. Ketika berada di tangga atau eskalator, penumpang diwajibkan berdiri di sebelah kiri. Eskalator dan tangga bagian kanan untuk orang yang berjalan terus atau terburu-buru.

3. Berhati-hatilah selama berada di eskalator agar rok atau sandal jepit tidak tersangkut. Penumpang diminta agar berpegangan pada rail selama naik dan turun dengan menggunakan eskalator dan dilarang bersandar.

4. Bila sudah keluar dari pintu masuk atau keluar (tap in dan tap out) segeralah bergerak agar tidak menghalangi perjalanan orang lain. Begitu pun ketika sudah tiba di ujung eskalator, segeralah bergerak.

5. Berikan bantuan atau prioritaskan penumpang yang membutuhkan, yakni ibu hamil, anak-anak, disabilitas, dan lansia, baik di stasiun maupun di dalam kereta.

6. Dalam keadaan darurat tekanlah tombol darurat yang tersedia. Tombol darurat dilarang digunakan saat keadaan sedang normal. Penyalahgunaan tombol darurat adalah pelanggaran hukum dan akan diancam hukum pidana.

7. Di setiap stasiun MRT tersedia lift. Penggunaan lift diprioritaskan bagi penumpang disabilitas, ibu hamil, orang lansia, orang tua membawa anak balita atau kereta bayi, dan pembawa barang besar.

8. Dahulukan orang yang keluar dari lift. Jangan menggunakan lift lebih dari kapasitas. Saat terjadi kebakaran, hindari gunakan lift dan gunakan tangga darurat.

9. Seluruh stasiun MRT menggunakan metal detector. Saat dilakukan pengecekan, penumpang diminta untuk kooperatif dan memberikan prioritas kepada yang membutuhkan.

10. Tap kartu jelajah di gerbang yang tersedia sesuai arah panah.

11. Saat lampu menyala hijau berjalanlah masuk atau keluar.

12. Bagi pengguna kursi roda disediakan gerbang lebar.

13. Jangan berdiri di pintu penumpang atau passenger gate karena menghalangi orang lain. 0 KAY

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 02 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019
Senin, 30 Desember 2019
Rabu, 25 Desember 2019
Selasa, 24 Desember 2019
Minggu, 22 Desember 2019
Jumat, 20 Desember 2019
Rabu, 11 Desember 2019
Selasa, 10 Desember 2019
Senin, 09 Desember 2019
Sabtu, 07 Desember 2019
Kamis, 05 Desember 2019