Minggu, 28 April 2019 19:58:50

Banjir, Warga Bogor dan Bekasi Dihantui 14 Ular Sanca Lepas

Banjir, Warga Bogor dan Bekasi Dihantui 14 Ular Sanca Lepas

Beritabatavia.com - Berita tentang Banjir, Warga Bogor dan Bekasi Dihantui 14 Ular Sanca Lepas

Warga sekitar aliran Sungai Cileungsi dikagetkan dengan penemuan tujuh ekor ular sanca sepanjang, masing-masing, 3-4 meter saat banjir besar ...

  Banjir, Warga Bogor dan Bekasi Dihantui 14 Ular Sanca Lepas Ist.
Beritabatavia.com -
Warga sekitar aliran Sungai Cileungsi dikagetkan dengan penemuan tujuh ekor ular sanca sepanjang, masing-masing, 3-4 meter saat banjir besar melanda Jumat 26 April 2019. Tujuh ekor ular itu diduga berasal dari 14 ular peliharaan yang lepas bersamaan tersapu luapan sungai itu.

Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) Puarman mengatakan, tujuh ular tersebut ditemukan di empat kompleks perumahan berbeda di Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi. Lima ekor di antaranya bisa langsung ditangkap sementara dua lainnya belum terlihat lagi.

Puarman menuturkan, ular-ular tersebut ditemukan di perumahan Villa Mahkota Pesona dan Villa Nusa Indah 3 di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor serta Perumahan Puri Nusaphala dan Mandosi Permai di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Di Mahkota Pesona dan Villa Nusa Indah 3 teridentifikasi ada 5 ekor, sementara di Bekasi ada 2 ekor, kata Puarman, Ahad (28/04/2019)

Puarman mengatakan, ular yang berhasil ditangkap berasal dari temuan di Villa Mahkota Pesona sebanyak 2 ekor, Villa Nusa Indah 1 ekor, serta Puri Nusaphala dan Mandosi Permai masing masing 1 ekor. Ular-ular itu diduga lepas dari sangkar-sangkar mereka di hulu sungai.

Ular sanca sepanjang kurang lebih 4 meter yang ditemukan warga komplek Mahkota Pesona, Kabupaten Bogor, saat banjir Jumat 26 April 2019. Istimewa/Dok : KP2C Infonya ada 14 ekor yang hanyut, 6 sudah tertangkap di hulu, sementara 8 hanyut ke hilir dan masuk ke permukiman sekitar Gunung Putri (Kabupaten Bogor) dan Bekasi, kata Puarman.

Sebelumnya, Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho telah mencuitkan perihal ular-ular sanca lepas itu dalam akun twitternya @Sutopo_PN. Dia meminta masyarakat di wilayah aliran sungai cikeas waspada.

Warga dimohon waspada terkait lepasnya 14 ekor ular sanca peliharaan warga Parungdendek Wanaherang dan Citeureup akibat meluapnya Sungai Cikeas, tulisnya. Dia meminta warga yang menemuka bisa segera melapor kepada petugas atau relawan.

Sebelumnya, sebanyak empat ekor ular sanca ditemukan warga di Perumahan Mahkota Pesona, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jumat, 26 April 2019. Ular meneror penduduk itu masuk ke permukiman warga, karena terbawa arus air Sungai Cikeas yang meluap.

Puarman mengatakan, ular paling besar ditemukan berkeliaran di tengah banjir di RT 10. Ular itu diduga hendak masuk ke dalam rumah penduduk di sana. Panjang sekitar empat meter, kata Puarman.

Menurut dia, warga sempat ketakutan oleh terror silar tersebut, namun belakangan ular itu berhasil ditangkap warga, kemudian membawa ke dataran tinggi yang tidak banjir. Ular lalu diikat mulutnya agar tidak menggigit orang. Adapun tiga ekor ular lainnya lebih kecil juga ditemukan tak jauh dari lokasi yang berdampingan dengan Sungai Cikeas.

Air kiriman dari Bogor melalui Sungai Cikeas menyebabkan sedikitnya enam permukiman penduduk kebanjiran. Ketinggian genangan mulai 40 sampai dengan 130 sentimeter. Paling parah berada di Perumahan Vila Mahkota Pesona RW 25 dan Vila Nusa Indah 3 RW 36. Kondisi banjir sudah mencapai puncaknya, tapi surutnya lama, ucap Puarman.

Menurut dia, puncak banjir setelah ada gelontoran air dari hulu Sungai Cikeas yang mencapai 495 sentimeter. Sementara normal ketinggian air di sungai itu hanya 200 sentimeter. Beruntung, hanya Sungai Cikeas yang mengalami peningkatan volume air. Sementara di Sungai Cileungsi terpantau cukup normal.

Sehingga, muara dua sungai itu di Kali Bekasi tak berdampak signifikan. Sekitar pukul 16.30 WIB, di titik pertemuan dua sungai itu di kawasan Jatiasih, tepatnya di Perumahan Pondok Gede Permai ketinggian hanya 340 sentimeter. Sementara normalnya 300 sentimeter. 0 TEM

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 06 Agustus 2020
Sabtu, 25 Juli 2020
Kamis, 23 Juli 2020
Rabu, 22 Juli 2020
Minggu, 19 Juli 2020
Kamis, 16 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
Rabu, 08 Juli 2020
Rabu, 08 Juli 2020