Kamis, 09 Mei 2019

KPU DKI Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu

KPU DKI Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu

Beritabatavia.com - Berita tentang KPU DKI Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu

Komisi Pemilihan Umun (KPU) DKI Jakarta menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten/kota pada Kamis (9/5) ...

Ist.
Beritabatavia.com - Komisi Pemilihan Umun (KPU) DKI Jakarta menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten/kota pada Kamis (9/5) di Hotel Bidakara, Jakarta. Rapat pleno bakal dilaksanakan hingga 13 Mei 2019.

"Rapat pleno dilakukan secara paralel. Yakni dengan merekapitulasi suara yang terlebih dulu masuk. Sampai hari ini, wilayah yang sudah menyelesaikan penghitungan suara yakni dari Kepulauan Seribu dan Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan," papar Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos kepada wartawan.


Dilanjutkan, sementara untuk Jakarta Barat masih menyisakan satu kecamatan, dan Jakarta Utara ada empat kecamatan. Juga Jakarta Utara terakhir Jakarta Timur menyusul. "Rapat pleno rekapitulasi wilayah Jakarta Timur bakal dilakukan terakhir. Sebab, hingga kemarin, masih ada beberapa kecamatan yang belum menyelesaikan penghitungan suara," tambahnya.

Memang, lanjut dia, masih banyak kecamatan yang belum selesai karena banyaknya jumlah TPS dan pemilihnya.  "Saya optimis hasil rekapitulasi suara dari KPUD tingkat kota Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Timur rampung hari ini," ucapnya.

Betty menjelaskan, waktu rapat pleno rekapitulasi sempat terkendala administrasi dan teknis penghitungan suara tingkat kecamatan.Namun, semua masih sesuai jadwal yang sudah direncanakan.

Menurut dia, salah satu yang membuat rekapitulasi lama yakni pihaknya menunggu hasil rekap manual. Kendati begitu, Betty tidak bicara banyak terkait hal tersebut. "Kita menunggu rekap manual. Tapi masih dalam jadwal," tegasnya.

Rekap (rekapitulasi) tingkat provinsi adalah rekap yang dilakukan untuk mengkalkulasi seluruh formulir DB. Rekapitulasi kita lakukan pararel terhadap KPU tingkat kota yang sudah selesai. Kalau belum tetap dilanjutkan sampai selesai lalu kemudian presentasi di sini, jelasnya.

Setelah rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota rampung di KPU provinsi, hasilnya akan dibawa ke KPU pusat.  "Kita bawa ke KPU RI pada 12-13 Mei nanti," sambungnya.

Rapat Pleno Rekapitulasi ini disaksikan pihak terkait seperti KPU, Bawaslu dan para saksi, juga dihadiri jajaran TNI-Polri dari Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya. 0 ERZ
Berita Lainnya
Senin, 05 Agustus 2019
Sabtu, 03 Agustus 2019
Jumat, 02 Agustus 2019
Kamis, 01 Agustus 2019
Rabu, 31 Juli 2019
Rabu, 31 Juli 2019
Selasa, 30 Juli 2019
Senin, 29 Juli 2019
Senin, 29 Juli 2019
Minggu, 28 Juli 2019
Sabtu, 27 Juli 2019
Jumat, 26 Juli 2019