Sabtu, 11 Mei 2019

Rutan Siak Rusuh, Kasat Narkoba Tertembak

Rutan Siak Rusuh, Kasat Narkoba Tertembak

Beritabatavia.com - Berita tentang Rutan Siak Rusuh, Kasat Narkoba Tertembak

Kerusuhan di Rumah Tahanan Siak kelas II B, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (10/5/2019) dini hari, menimbulkan korban. Kasat Reserse Narkoba Polres Siak ...

Ist.
Beritabatavia.com - Kerusuhan di Rumah Tahanan Siak kelas II B, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (10/5/2019) dini hari, menimbulkan korban. Kasat Reserse Narkoba Polres Siak AKP Jailani mengalamu luka tembak. Saat ini perwira pertama polisi itu mendapat perawatan di Rumah Sakit Siak.

"Iya tertembak (Kasat Reserse Narkoba) pada bagian lengan kiri. Sudah teratasi," kata Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo Sabtu (11/5/2019).

Kapolda menjelaskan, saat itu pihak Rutan menghubungi pihak kepolisian karena ada penemuan narkoba. Kasat Reserse Narkoba AKP Jaelani memimpin anggota ke Rutan Siak. Empat napi pria diamankan pihak sipir.

Namun saat prosesi interograsi, pihak sipir melakukan penganiayaan tahanan yang terlibat narkoba. Napi lain yang melihat kejadian itupun marah. Mereka menjebol sel dan membakar Rutan. "Saat itu anggota mencoba menenangkan. Tapi tiba tiba ada suara tembakan," ucap Kapolres Siak Ahmad David.

Belum diketahui siap yang melakukan penembakan ke arah anggota polisi. Petugas masih melakukan negosiasi kepada ratusan napi yang masih bringas. Mendapat laporan Kepala Polda Riau Inspektur Jenderal Widodo Eko Prihastopo terjun langsung mengamankan situasi.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Komisaris Besar Sunarto mengatakan, masih melakukan penyelidikan atas penyebab kerusuhan. Meski demikian, mengutip keterangan dari petugas Rutan Siak, Mulyadi, penyebab  diduga pemukulan petugas sipir terhadap tahanan yang kedapatan menggunakan sabu di blok perempuan.

Tercatat 110 penghuni bisa diselamatkan dan telah dievakuasi ke Markas Polres Siak. Ketika itu, beberapa tahanan marah, diduga karena kesal atas sikap petugas sipir. Petugas berusaha menenangkan penghuni yang marah, bukannya berhenti tetapi justru semakin ganas. Petugas langsung menyemburkan gas air mata ke dalam rutan.

Akibatnya terjadi bentrokan antara penghuni rutan dengan petugas. Dari dalam tahanan warga binaan melempari batu dan mercon. Tidak lama kemudian api juga terlihat dari sisi kanan luar rutan. Kobaran api semakin membesar sampai atap pintu masuk rutan.

Mobil pemadam langsung dikerahkan untuk memadamkan api. Masyarakat di sekitar rutan tampak berkerumun menyaksikan insiden itu. Anggota Polres Siak juga segera tiba di lokasi. Informasi yang diperoleh Rutan Kelas II B Siak Sri Indrapura dihuni 600 tahanan yang tentu tida sesuai dengan kapasitas gedung. 0 ERZ

Berita Lainnya
Jumat, 25 Oktober 2019
Kamis, 24 Oktober 2019
Rabu, 23 Oktober 2019
Selasa, 22 Oktober 2019
Minggu, 20 Oktober 2019
Minggu, 20 Oktober 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Jumat, 18 Oktober 2019
Kamis, 17 Oktober 2019
Rabu, 16 Oktober 2019
Rabu, 16 Oktober 2019