Kamis, 23 Mei 2019

Kapolda Metro Jaya: Jakarta Sudah Kondusif

Kapolda Metro Jaya: Jakarta Sudah Kondusif

Beritabatavia.com - Berita tentang Kapolda Metro Jaya: Jakarta Sudah Kondusif

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Purnomo mengatakan, kondisi Jakarta pada Kamis (23/5/2019) pagi ini terpantau kondusif. "Sampai dengan hari ini ...

Ist.
Beritabatavia.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Purnomo mengatakan, kondisi Jakarta pada Kamis (23/5/2019) pagi ini terpantau kondusif. "Sampai dengan hari ini Jakarta relatif kondusif, tidak ada hal-hal yang menonjol yang terjadi," kata Gatot kepada wartawan di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis pagi.

Gatot mengatakan, polisi masih menempatkan pasukannya di sejumlah titik vital. Sistem pengamanan hari ini tak jauh berbeda dengan sistem pengamanan dua hari terakhir. "Saya kira sistem pengamanan kita masih sama dengan yang kemarin, baik itu di Bawaslu kemudian di tempat-tempat tertentu yang memiliki potensi kerawanan," ujarnya.

Salah satu tempat berpotensi rawan yang dimaksud Gatot adalah Gedung DPR/MPR di bilangan Senayan. Namun, Gatot tidak menyebut jumlah petugas yang dikerahkan baik di Bawaslu maupun DPR. "Jadi hari ini tidak ada jadwal aksi unjuk rasa di depan Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin," lontarnya.

Namun, menurut Gatot, tidak menutup kemungkinan bila ada massa yang mendatangi Bawalsu RI bukan untuk berunjuk rasa melainkan untuk membuat kericuhan. "Hari ini tidak ada (aksi), tapi ada kemungkinan ada pihak-pihak tertentu yang dengan liar datang ke sini melakukan tindakan-tindakan anarkis," kata Gatot.

Gatot mengatakan, pihaknya akan memberikan tindakan tegas bila terdapat perusuh yang mendatangi Bawaslu RI. Sebabnya, Polda Metro Jaya tidak menerima surat pemberitahuan aksi untuk hari ini. Pihaknya mempersilakan warga menyampaikan aspirasinya. Namun, ia menegaskan bahwa aksi unjuk rasa harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kita menghormati hak warga negara menyampaikan aspirasi. Tetapi, ketika warga negara melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan, kita harus menindak sesuai ketentuan berlaku," ujar Gatot.

Di depan Kantor Bawaslu RI, barikade kawat berduri masih terpasang dan membuat kendaraan belum bisa melintas. Jumlah petugas kepolisian berseragam lengkap di sekitar perempatan Sarinah berkurang drastis dibanding kemarin.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa yang dimulai sejak Selasa (21/05) hingga Rabu (22/05) malam berakhir ricuh. Kericuhan diwarnai dengan lemparan botol dan petasan dari arah massa yang dibalas dengan tembakan gas air mata oleh polisi. 0 KMP





Berita Lainnya
Senin, 27 Mei 2019
Minggu, 26 Mei 2019
Sabtu, 25 Mei 2019
Kamis, 23 Mei 2019
Rabu, 22 Mei 2019
Selasa, 21 Mei 2019
Minggu, 19 Mei 2019
Jumat, 17 Mei 2019
Kamis, 16 Mei 2019
Rabu, 15 Mei 2019
Minggu, 12 Mei 2019
Sabtu, 11 Mei 2019