Sabtu, 01 Juni 2019

Dimulai, Pembangunan MRT Fase II HI - Kota

Dimulai, Pembangunan MRT Fase II HI - Kota

Beritabatavia.com - Berita tentang Dimulai, Pembangunan MRT Fase II HI - Kota

Pembangunan fisik Moda Raya Terpadu (MRT) fase II Koridor Selatan-Utara Bundaran HI-Kota, dimulai dengan membangun gardu listrik di taman Monas sisi ...

Ist.
Beritabatavia.com - Pembangunan fisik Moda Raya Terpadu (MRT) fase II Koridor Selatan-Utara Bundaran HI-Kota, dimulai dengan membangun gardu listrik di taman Monas sisi barat daya, berdekatan Patung Kuda. SEbanyak 90 batang pohon dipangkas di titik pembangunan gardu. Nantinya, tidak hanya gardu listrik, pada lokasi itu juga akan dibangun Stasiun Monas.

"Ada 90 pohon yang kita tebang. Tapi keadaannya sebanyak 32 pohon memang sudah harus ditebang karena faktor usia. dan yang 60 pohon (diantaranya) memang masih bagus (keadaannya). Tapi kami berkomitmen untuk menggantinya, setiap 1 pohon yang ditebang diganti dengan 10 pohon sesuai aturan Unit Pengelola Kawasan Monas," kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim.

Diresmikan pembangunannya oleh Presiden Joko Widodo pada 1 April lalu, rencananya MRT fase II memiliki tujuh stasiun yakni Sarinah, Monas, Harmoni, Glodok, Sawah Besar, Mangga Besar, dan Kota. Keseluruhan stasiun MRT akan berada di bawah tanah.

Pembangunan MRT fase II menelan dana lebih besar yakni Rp22,5 triliun. Selain berada di bawah tanah, kesulitan lain terkait yakni banyaknya gedung cagar budaya yang terdapat di sepanjang stasiun Harmoni hingga Kota. "Memang butuh treatment khusus untuk pembangunannya karena harus berhati-hati sekali agar tidak mengganggu kekokohan bangunan cagar budayanya," lontarnya.

Dalam pembangunan MRT fase II nantinya beberapa halte juga akan direlokasi dari tempat semula seperti Halte Sarinah, Halte Harmoni, Halte Sawah Besar dan Halte Glodok. "Kami berkoordinasi terus dengan Trans-Jakarta soal relokasi halte. Karena harus tetap ada layanan kan. Tantangan juga ada dari relokasi Halte Harmoni. Karena itu halte sentral kan. Sangat challenging," ujarnya.

PT MRT Jakarta juga mengebut persiapan lelang paket-paket proyek sipil MRT fase II yang dibagi ke dalam enam paket lainnya selain pengerjaan gardu listrik di Monas. Ditargetkan, lelang seluruh paket bisa selesai tahun ini sehingga seluruh pembangunan paket bisa berjalan paralel tahun depan. 0 MIO


Berita Lainnya
Senin, 01 Juli 2019
Minggu, 30 Juni 2019
Sabtu, 29 Juni 2019
Jumat, 28 Juni 2019
Jumat, 28 Juni 2019
Kamis, 27 Juni 2019
Rabu, 26 Juni 2019
Selasa, 25 Juni 2019
Senin, 24 Juni 2019
Minggu, 23 Juni 2019
Sabtu, 22 Juni 2019
Jumat, 21 Juni 2019