Selasa, 04 Juni 2019

Jelang Lebaran, Bom Bunuh Diri Guncang Sukohardjo

Jelang Lebaran, Bom Bunuh Diri Guncang Sukohardjo

Beritabatavia.com - Berita tentang Jelang Lebaran, Bom Bunuh Diri Guncang Sukohardjo

Menjelang Lebaran dan disaat warga melakukan mudik, sebuah ledakan yang diduga bom bunuh diri, terjadi di depan pos pengamanan lebaran di di Tugu ...

Ist.
Beritabatavia.com - Menjelang Lebaran dan disaat warga melakukan mudik, sebuah ledakan yang diduga bom bunuh diri, terjadi di depan pos pengamanan lebaran di di Tugu Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (3/6/2019) malam sekitar pukul 22.30 WIB. Satu orang menjadi korban, yakni pelaku.

Menurut keterangan dari Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, pelaku saat ini kondisinya luka berat dan sedang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Surakarta. "Pelaku datang ke depan pos polisi, kemudian duduk. Selang beberapa detik, terjadi ledakan. Petugas yang tengah berjaga langsung keluar dari pos," ungkap Brigjen Dedi.

Usai kejadian itu, petugas tidak langsung menghampiri pelaku. Sebab, dikhawatirkan ada bom lain yang belum meledak. Hingga saat ini, petugas masih menelusuri status dari pria tersebut. Baik asal usulnya, maupun apakah ia terlibat dengan jaringan tertentu.

Sementara itu, status bundaran Kartasura hingga pukul 02.00 WIB masih disterilkan. Arus lalu lintas dari tiga kota yang melewati jalur tersebut, yakni Yogyakarta, Semarang dan Solo, dialihkan ke rute alternatif.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel juga sempat mendatangi lokasi. Ia menjelaskan, bahwa saat peristiwa terjadi, ada tujuh petugas yang tengah bertugas. "Empat di dalam pos, tiga sedang melakukan pengaturan lalu lintas," tuturnya.

Dilanjutkan terduga pelaku diketahui berinisial RA (22) dan merupakan warga setempat. "Korban diduga pelaku (peledakan) tinggal bersama orangtuanya di sini (Kartasura)," ungkap Rycko di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6/2019) dini hari.

Rycko mengatakan, pihaknya masih terus mendalami untuk mengungkap jaringan korban yang diduga pelaku peledakan tersebut dari semua bukti yang didapatkan dari olah TKP. "Informasi dari petugas memang ada beberapa barang yang ada kaitannya dengan tempat kejadian perkara," tuturnya.

Polisi menggeledah rumah orangtua dari RA dan menemukan sejumlah barang bukti yang berkaitan dengan ledakan di tempat kejadian. Pemeriksaan dilakukan oleh tim dari Gegana, Laboratorium Forensik dan Inafis. Saat ini menunggu hasil pemeriksaan tersebut. "Karena suasana gelap, tentunya kami harus lebih berhati-hati mengerjakannya sehingga perlu waktu pemeriksaan dan pengolahan TKP di rumah ini," ujarnya.

Sejumlah barang yang diduga bahan kimia dan peralatan elektronik diamankan dari rumah terduga pelaku bom bunuh diri di Pos Pantau Polres Sukoharjo di simpang Kartasura, Rofik Asharudin (22) di Kampung Kranggan Kulon RT01/RW02, Desa Wirogunan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Rumah Pelaku Peledakan Pospam Kartasura Digeledah Polisi Tetangga Sebut Pelaku Bom Kartasura Pemalu Pelaku Bom Kartasura Dipindahkan ke RS Bhayangkara Semarang  "Yang semalam ada semacam bahan kimia, kemudian peralatan elektronik dan baterai," kata Ketua Ketua RT 01/ RW 02 Kranggan Kulon, Wirogunan, Joko Suwanto, usai mendampingi petugas saat penggeledahan.

Namun, Joko belum bisa memastikan kandungan benda diduga bahan kimia yang diamankan itu. Sementara dari olah TKP lanjutan hari ini, kata dia, petugas juga kembali membawa sejumlah barang-barang dari rumah pelaku. "Ada beberapa wadah, sisa penggeledahan kemarin yang mungkin belum sempat dibawa," katanya.

Kepala Dusun Wirogunan Bayan Sudalmanto yang juga hadir dalam olah TKP tersebut juga melihat beberapa sak bubuk yang dibawa dari rumah pelaku. Namun, Sudalmanto belum bisa memastikan isi barang-barang tersebut. "Masih tertutup, tidak dibuka," katanya. 0 ERZ












Berita Lainnya
Kamis, 31 Oktober 2019
Kamis, 31 Oktober 2019
Selasa, 29 Oktober 2019
Jumat, 25 Oktober 2019
Kamis, 24 Oktober 2019
Rabu, 23 Oktober 2019
Selasa, 22 Oktober 2019
Minggu, 20 Oktober 2019
Minggu, 20 Oktober 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Jumat, 18 Oktober 2019