Rabu, 26 Juni 2019 17:00:34

Putusan Gugatan Pemilu, 7 Ribu Aparat Gabungan Jaga MK

Putusan Gugatan Pemilu, 7 Ribu Aparat Gabungan Jaga MK

Beritabatavia.com - Berita tentang Putusan Gugatan Pemilu, 7 Ribu Aparat Gabungan Jaga MK

Sebanyak 47 ribu personel gabungan TNI-Polri diterjunkan untuk pengamanan sidang putusan Mahkamah Konstitusi yang rencananya digelar, Kamis 27 ...

  Putusan Gugatan Pemilu, 7 Ribu Aparat Gabungan Jaga MK Ist.
Beritabatavia.com -
Sebanyak 47 ribu personel gabungan TNI-Polri diterjunkan untuk pengamanan sidang putusan Mahkamah Konstitusi yang rencananya digelar, Kamis 27 Juni 2019. Mereka akan disebar tidak hanya di sekitar Gedung MK tapi juga Gedung Bawaslu dan KPU. Khusus di MK ada sekitar 13 ribu personel TNI dan Polri, ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Prabowo Argo Yuwono, Rabu (26/06).

Dilanjutkan, pengamanan juga akan diberlakukan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam persidangan tersebut. Argo menyebut di antaranya, hakim dan keluarganya, karyawan MK, serta para pemohon dan termohon dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2019 itu.

Argo kembali menegaskan adanya larangan demonstrasi di seputar Gedung MK. Biarlah MK bekerja melaksanakan tugasnya. Kita bisa lihat dari televisi di rumah, kata dia.

Persidangan pemeriksaan saksi dan bukti sengketa hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi selesai digelar sejak 10 Juni. Saat ini, sejak 24 Juni, hakim berembug untuk memutuskan menolak atau mengabulkan gugatan yang diajukan kubu capres Prabowo Subianto itu.

Kelompok Persaudaraan Alumni atau PA 212 menyatakan bakal mengawal rangkaian menuju sidang putusan tersebut lewat aksi bertajuk halalbihalal akbar. Juru bicaranya, Novel Bamukmin, mengatakan aksi bertujuan mendorong majelis hakim konstitusi segera mendiskualifikasi pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Maruf Amin.

Menurut Novel, akan ada rangkaian aksi di jalan-jalan sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi mulai Senin hingga Jumat pekan ini. Novel mengklaim demonstrasi tak hanya akan dilakukan oleh PA 212. Namun, ia enggan merinci siapa saja elemen masyarakat yang akan ikut itu.

Sementara Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Rekayasa lalu lintas ini, disiapkan menjelang pembacaan putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Kamis (27/6/2019).

Beberapa ruas jalan sudah kita lakukan penutupan, di Jalan Merdeka barat arah utara. Untuk yang lainnya dilakukan secara situasional, ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol M. Nasir ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (26/6/2019).

Beberapa ruas jalan yang telah ditutup sejak semalam, ditutup dengan Movable Concrete Barier (MCB) dan juga security barrier. Sementara itu, untuk sejumlah ruas jalan lainnya, kata nasir, masih dapat dilalui oleh para pengguna jalan.

Untuk sementara yang sudah dilakukan penutupan dengan MCB dan security barier di Jalan Merdeka Barat arah utara di depan Museum Gajah. Jadi kendaraan yang arah ke utara dari Patung Kuda bisa melewati Budi Kemulyaan belok ke abdul Muis atau melalui Merdeka Selatan ke arah Gambir. Untuk yang lain masih dapat dilintasi, jelas Nasir.

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya, sebagai berikut :

Arus lalu lintas dari Jalan MH. Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke kiri maupun kanan ke Jalan Kebon Sirih.
Arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin.

Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan IR H Juanda.

Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun ke kanan Jalan Hayam Wuruk. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju Jalan Veteran III diluruskan ke arah Harmoni.

Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan Jalan Perwira. Arus lalu lintas dari Jalan M Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Sementara ruas jalan yang ditutup sebagai berikut :

Jalan Medan Merdeka barat sisi timur dan barat. (Penempatan MCB barrier di depan Museum Gajah) Jalan Medan Merdeka Utara. (MCB barrier di depan Kemendagri dua sisi)

Jalan Veteran Raya samping Hotel Sriwijaya arah Harmoni ditutup
Jalan Majapahit ujung TL (traffic light) Harmoni.

Jalan Abdul Muis arah utara di TL Jalan Tanah Abang 2.
Jalan Veteran 3 Bina Graha. 0 DAY
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 06 Agustus 2020
Sabtu, 25 Juli 2020
Kamis, 23 Juli 2020
Rabu, 22 Juli 2020
Minggu, 19 Juli 2020
Kamis, 16 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
Rabu, 08 Juli 2020
Rabu, 08 Juli 2020