Senin, 01 Juli 2019 11:12:13

Kejayaan ITC Mangga Dua Mulai Sirna

Kejayaan ITC Mangga Dua Mulai Sirna

Beritabatavia.com - Berita tentang Kejayaan ITC Mangga Dua Mulai Sirna

ITC Mangga Dua dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan pakaian di Jakarta. Lokasi ini, pernah menjadi salah satu pasar tersibuk dikunjungi ...

  Kejayaan ITC Mangga Dua Mulai Sirna Ist.
Beritabatavia.com - ITC Mangga Dua dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan pakaian di Jakarta. Lokasi ini, pernah menjadi salah satu pasar tersibuk dikunjungi pembeli. Masa itu, pengunjung yang datang untuk berjalan kaki saja susah, tak hanya pengunjung yang padat, tapi ruang-ruang yang ada juga betul-betul dimanfaatkan pedagang berjualan, sehingga hanya tersisa sedikit ruang untuk pendatang berjalan kaki.

Kini pemandangan itu sirna. Seperti terlihat pada Minggu (30/6/2019),  hari di mana biasanya masyarakat berbelanja, ITC Mangga Dua tak lagi seramai biasanya. Padahal, setiap tanggal 30 sudah bisa dibilang sebagai tanggal muda bagi orang yang baru gajian.

Meski tidak bisa dibilang sepi juga, karena pembeli di hari itu tetap ada. Aksi tawar menawar juga kerap terdengar di sepanjang lapak di ITC Mangga Dua. Tetapi jumlah pembeli tersebut masih jauh di bawah ekspektasi para pelaku usaha yang berjualan di mall yang diresmikan Sinarmas Land pada tahun 1989 itu.

Hendrik, salah satu penjaga toko pakaian pria di lantai enam ITC Mangga Dua mengakui bahwa tahun ini, menjadi salah satu tahun tersulit. Beberapa hari yang lalu kita juga sampai enggak jualan karena belum tentu satu hari ada penjualan, kata pria yang telah menjaga toko itu sejak tujuh tahun lalu itu.

Di toko tempat Hendrik bekerja, luasnya sekitar 2x4 meter itu terpampang foto bosnya bergaya di sebelah Presiden Joko Widodo. Saat itu Jokowi mengenakan baju kotak-kotak ala kampanyenya dulu. Kemungkinan foto itu diambil saat Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Foto yang sengaja dipampang di toko itu seakan memang ditujukkan agar memberikan nilai tambah bagi branding toko.

Toh branding dengan foto itu juga tidak memberikan pengaruh apa-apa bagi penjualan toko di tempat Hendrik bekerja dewasa ini. Namanya pengunjung sepi ya sudah pasti tidak akan laris, ujar Hendrik.

Di sebelah toko Hendrik, terdapat lapak yang kosong tertutup rolling door. Menurut dia, sebelumnya toko itu pernah diisi pedagang pakaian khusus olahraga.

Saat awal buka, yakni di awal tahun 2018, toko itu laris diburu pendatang ITC Mangga Dua. Tapi kian waktu karena kunjungan yang kian sepi, Hendrik melihat penjualan toko di sebelahnya tidak lagi laris. Hingga akhirnya toko pakaian olahraga itu tutup beberapa bulan lalu. Hendrik menduga karena pemilik tak sanggup membayar sewa toko.

Berbeda dengan mantan tetangganya itu, bosnya Hendrik tidak menyewa lapak di ITC Mangga Dua. Lapak itu sudah menjadi hak milik bosnya Hendrik. Artinya, toko itu tidak terlalu terbebani dengan biaya sewa per tahun atau per bulannya. Tapi kenyataannya, kata Hendrik, pihaknya kerap kesulitan juga membayar tagihan service, termasuk listrik bulanan. 0 CIO





Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 13 Mei 2020
Rabu, 22 April 2020
Jumat, 17 April 2020
Jumat, 27 Maret 2020
Kamis, 12 Maret 2020
Sabtu, 01 Februari 2020
Kamis, 23 Januari 2020
Rabu, 22 Januari 2020
Senin, 20 Januari 2020
Sabtu, 18 Januari 2020
Kamis, 16 Januari 2020
Rabu, 15 Januari 2020