Selasa, 02 Juli 2019 14:57:48

Bekasi Surati DKI Gara-gara Tetesan Air Sampah

Bekasi Surati DKI Gara-gara Tetesan Air Sampah

Beritabatavia.com - Berita tentang Bekasi Surati DKI Gara-gara Tetesan Air Sampah

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jawa Barat, berencana melayangkan surat kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait adanya truk sampah yang ...

Bekasi Surati DKI Gara-gara Tetesan Air Sampah Ist.
Beritabatavia.com - Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jawa Barat, berencana melayangkan surat kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait adanya truk sampah yang meneteskan air licit atau sampah di wilayah setempat. Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi berharap DKI memperbaiki armada truknya.

Secepatnya akan kita kirim surat ke DKI agar persoalan ini menjadi perhatian mereka untuk memperbaiki truk sampahnya, kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana di Bekasi, Selasa (2/7).

Yayan mengatakan, Pemerintah Kota Bekasi sebetulnya telah memiliki empat armada penyapu jalan atau road sweeper yang dibeli senilai Rp 15 miliar pada pertengahan 2018 lalu. Dua truk berkapasitas enam meter kubik dan dua truk lagi berukuran lima meter kubik. Pembelian truk penyapu jalan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018, kata Yayan.

Pembelian truk ini tidak hanya untuk membersihkan air licit bekas truk sampah DKI, tetapi juga untuk menjaga kebersihan di ruas jalan protokol seperti Jalan Sudirman, Ahmad Yani, Cut Meutia, dan Jalan Chairil Anwar. Sebetulnya DKI juga membantu mengerahkan satu armada penyapu jalannya, itu bagian dari tanggung jawab mereka untuk membersihkan tetesan air licit, ungkapnya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Kustantinah Puji Wahyuni menambahkan, kemampuan yang dimiliki truk ini bukan hanya sebagai penyapu jalan, namun menyedot sampah dan menyemprot air. Menyedot lumpur dan tanah juga bisa, tapi jumlahnya nggak bisa banyak, kata Kustantinah.

Dia mengatakan, sebelum membeli pemerintah melakukan survei ke sejumlah daerah yang telah memiliki armada tersebut. Daerah yang didatangi seperti DKI Jakarta, Kota Depok dan Kabupaten Bogor. Truk yang kita beli dipertimbangkan berdasarkan masukan dari daerah terdekat yang sudah memilikinya, kata dia. 0 ANO


Berita Lainnya
Rabu, 29 Maret 2023
Sabtu, 25 Maret 2023
Jumat, 24 Maret 2023
Senin, 27 Februari 2023
Jumat, 10 Februari 2023
Minggu, 01 Januari 2023
Selasa, 27 Desember 2022
Minggu, 20 November 2022
Rabu, 09 November 2022
Sabtu, 13 Agustus 2022
Sabtu, 04 Juni 2022
Kamis, 02 Juni 2022