Rabu, 03 Juli 2019 14:52:46

BMKG: 3 Bulan ke Depan Jakarta Tanpa Hujan

BMKG: 3 Bulan ke Depan Jakarta Tanpa Hujan

Beritabatavia.com - Berita tentang BMKG: 3 Bulan ke Depan Jakarta Tanpa Hujan

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) DKI Jakarta, Andono Warih, menyampaikan bahwa dalam tiga bulan ke depan Jakarta diprediksi tanpa hujan. ...

 BMKG: 3 Bulan ke Depan Jakarta Tanpa Hujan Ist.
Beritabatavia.com - Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) DKI Jakarta, Andono Warih, menyampaikan bahwa dalam tiga bulan ke depan Jakarta diprediksi tanpa hujan. Hal itu terjadi karena fenomena El Nino yang akan mempengaruhi cuaca di Ibu Kota, yang akhirnya berdampak pada kualitas udara di Jakarta.

Andono mengatakan, kondisi tersebut ditemukan berdasarkan hasil rapat antara Pemprov DKI Jakarta dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Ternyata sekarang lagi El Nino. Memasuki periode El Nino prediksinya sampai tiga bulan ke depan akan panas terus nggak ada hujan, kata Andono di Balaikota DKI, Rabu (3/7/2019).

Berdasarkan keterangan BMKG, Andono menyampaikan jika kondisi panas seperti ini maka partikel yang dihasilkan dari aktivitas kota seperti asap kendaraan menutup lapisan atmosfer, sehingga akan menyebabkan pencemaran udara.

Itu makanya yang disebut kemarau juga punya pengaruh kepada tingkat pencemaran. Yang dikeluarkan sih relatif sama mau kemarau atau ujan. Tapi karena kemarau itu menurut BMKG dan BPPT menimbulkan efek inversi di atmosfer, ucap Andono.

Jika ada hujan maka lapisan dari polusi udara yang menutup atmosfer akan terbuka dan udara kembali bersih. Namun demikian, Pemda DKI belum ada wacana untuk melakukan hujan buatan.

Salah satu opsi jangka pendek yakni peran serta masyarakat dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Untuk beraktifitas warga, Jakarta bisa menggunakan transportasi umum. Hal itu dinilai efektif membantu mencegah polusi udara.

Ada beberapa opsi sebetulnya. Jadi ini memang yang kita bisa lakukan misalkan kalau bisa kurangi asap dari kendaraan bermotor kita ke kantor atau kemana. Kalau bisa naik angkutan umum, kata Andono.

Dia menghimbau bagi masyarakat yang mengalami gangguan pernafasan atau sensitif terhadap cuaca buruk, jangan melakukan kegiatan di luar rumah yang terpapar langsung dengan matahari dan polusi udara. 0 PKO
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 08 Februari 2023
Sabtu, 04 Februari 2023
Kamis, 05 Januari 2023
Senin, 19 September 2022
Senin, 13 Juni 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 18 Maret 2022
Kamis, 20 Januari 2022