Selasa, 30 Juli 2019 12:27:05

Danau Toba Ditata dengan Digentor Dana Rp3,5 Triliun

Danau Toba Ditata dengan Digentor Dana Rp3,5 Triliun

Beritabatavia.com - Berita tentang Danau Toba Ditata dengan Digentor Dana Rp3,5 Triliun

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengaku siap mengucurkan dana sebesar Rp3,5 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk ...

 Danau Toba Ditata dengan Digentor Dana Rp3,5 Triliun Ist.
Beritabatavia.com - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengaku siap mengucurkan dana sebesar Rp3,5 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk mengembangkan pariwisata di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), dengan harapan kawasan Danau Toba menjadi destinasi wisata berkelas.

Kami harap investasi yang datang tidak hanya dua kali dari investasi yang dikeluarkan dari APBN, tetapi bisa tiga, empat, lima kali lipat, dari yang sudah dikeluarkan dari APBN, ujar Jokowi saat meninjau Sipinsur Geosite di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Selasa (30/07/2019)

Dilanjutkan, butuh investasi besar untuk membangun kawasan wisata terintegrasi di Danau Toba. Kombinasi APBN dan investasi swasta mampu mendorong kemajuan pariwisata di kawasan danau terbesar di Indonesia itu, lontar Kepala Negara.

Mantan wali kota Solo itu mengatakan sekitar 28 destinasi wisata bisa dieksplorasi, baik dari sisi sejarah, budaya, hingga pemandangan alam, di kawasan danau yang mengelilingi 7 kabupaten tersebut. Masalah lingkungan juga diperhatikan dalam mengembangkan pariwisata di wilayah Danau Toba. Ia menegaskan izin perusahaan yang merusak lingkungan bisa pemerintah cabut, sarannnya.

Menurutnya, dalam membangun kawasan wisata pihaknya akan memetakan terlebih dahulu kawasan-kawasan yang nantinya dimanfaatkan untuk pelesiran dan juga untuk masyarakat. Itu semuanya akan kami dorong, sehingga betul-betul ada perubahan total. Selain juga perbaikan lingkungan itu tadi yang ditanyakan, akan dikerjakan, tapi satu-satu, ujarnya.

Rencana pengembangan pariwisata Danau Toba dimulai tahun ini dan ditargetkan selesai 2020. Sebelumnya, kata Jokowi pembangunan sarana dan prasarana sudah mulai dibangun sejak 2018 lalu. Tadi jalan keliling Samosir hanya kurang 21 kilometer. Itu sebagian sudah, hanya belum kita tunjukkan. Sudah mulai sebetulnya tahun kemarin, cuma belum ditunjukkan, jelas mantan Gubernur DKI Jakarta.

Setelah bermalam di Kabupaten Tapanuli Utara, pada hari kedua kunjungan kerjanya ke Sumut, Selasa (30/9), Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan kembali meninjau sejumlah destinasi wisata.

Siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden menyebutkan, Presiden Jokowi dan rombongan akan mengawali kegiatannya dengan menyambangi Taman Wisata Salib Kasih yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara. Di lokasi ini, Presiden akan meninjau pengembangan sejumlah taman wisata, di antaranya taman bunga, taman buah, dan waterboom.

Presiden juga meninjau The Kaldera Toba Nomadic Escape yang terletak di Kabupaten Toba Samosir. Di The Kaldera ini para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang memesona dari Desa Wisata Sigapiton, Danau Toba, dan Pulau Samosir.

Selepas santap siang, Presiden dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Samosir dengan menggunakan Kapal Motor Ihan Batak melalui Dermaga Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Setibanya di sana, Presiden akan langsung menuju Lapangan Ambarita untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah. 0 ERZ












Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 13 Mei 2020
Rabu, 22 April 2020
Jumat, 17 April 2020
Jumat, 27 Maret 2020
Kamis, 12 Maret 2020
Sabtu, 01 Februari 2020
Kamis, 23 Januari 2020
Rabu, 22 Januari 2020
Senin, 20 Januari 2020
Sabtu, 18 Januari 2020
Kamis, 16 Januari 2020
Rabu, 15 Januari 2020