Selasa, 13 Agustus 2019 12:16:19

Polri-AFP Kerja Sama Berantas Kejahatan Lintas Negara

Polri-AFP Kerja Sama Berantas Kejahatan Lintas Negara

Beritabatavia.com - Berita tentang Polri-AFP Kerja Sama Berantas Kejahatan Lintas Negara

KAPOLRI Jenderal Polisi Tito Karnavian menerima kunjungan Commisioner Andrew Colvin serta melakukan penandatanganan Arrangement Polri-AFP tentang ...

  Polri-AFP Kerja Sama Berantas Kejahatan Lintas Negara Ist.
Beritabatavia.com - KAPOLRI Jenderal Polisi Tito Karnavian menerima kunjungan Commisioner Andrew Colvin serta melakukan penandatanganan Arrangement Polri-AFP tentang kerja sama dalam pencegahan dan pemberantas kejahatan lintas negara di Jakarta, Senin (12/8/2019).

Kapolri menjeaskan beberapa hal mengenai situasi di Indonesia pasca Pemilu 2019. Dalam pengamanan, Polri menurunkan sebanyak 60.000 personel termasuk aksi demo di jalanan yang menjadi perhatian dunia dimana terdapat unsur agama didalamnya.

Pelaksanaan Pemilu menyebabkan kurang lebih 600 panitia pemilu meninggal dunia. Situasi saat ini sudah kondusif dengan adanya rekonsiliasi antara Prabowo dan Jokowi, ujar Tito.

Menurut dia, isu terbaru hang saat ini sedang hangat mengenI kebakaran hutan. Saat ini area kebakaran telah dapat dikontrol. Salah satu penyebab terjadinya kebakaran dilakukan oleh petani tradisional karena tidak memerlukan biaya tinggi untuk membersihkan lahan. Dampak negatifnya kepada negara tetangga terutama Malaysia.

Kapolri juga menyampaikan bahwa Indonesia memiliki 2 kekuatan utama penopang negara yakni Polri dan TNI karena memiliki jumlah personel dan akses hingga ke pelosok daerah. Ke depan Polri akan fokus dalam pengamanan pelantikan Presiden pada Oktober 2019 mendatang, ungkap jenderal bintang empat ini.

Sementara Commisioner Andrew Colvin, menyampaikan tentang situasi saat ini yang terjadi di Australia dinana kondisi politik lebih baik karena setelah pemilu, oposisi menerima dan mengakui kekalahan. Dia juga menyampaikan bahwa kunjungannya ini sebagai kunjungan terakhir sebagai Commisioner AFP karena memasuki akhir masa pensiun.

Polri adalah mitra strategis AFP sejak 2002, Colvin sangat terkesan saat mengunjungi Aceh paska tsunami dan tinggal di Aceh selama 6 bulan. Masyarakat Indonesia sangat tangguh dalam menghadapi bencana serta AFP juga memberikan asistensi saat terjadi bencana gunung meletus di Jogja ujar Colvin.

Diakhir penyampaianya Colvin berharap hubungan dan kerjasama antara AFP dan Polri agar tetap erat dan dilaksanakan sebagai wujud dalam pencegahan dan pemberantasan transnasional crime. Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan MOU, penukaran cinderamata dan foto bersama. 0 RLS





Berita Lainnya
Jumat, 15 Maret 2024
Jumat, 15 Maret 2024
Jumat, 15 Maret 2024
Kamis, 14 Maret 2024
Sabtu, 09 Maret 2024
Kamis, 07 Maret 2024
Rabu, 06 Maret 2024
Rabu, 06 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Kamis, 29 Februari 2024
Rabu, 28 Februari 2024
Selasa, 27 Februari 2024