Minggu, 01 September 2019

Kendalikan Situasi, Kapolri dan Panglima Berkantor di Papua

Kendalikan Situasi, Kapolri dan Panglima Berkantor di Papua

Beritabatavia.com - Berita tentang Kendalikan Situasi, Kapolri dan Panglima Berkantor di Papua

KAPOLRI Jenderal Tito Karnavian mengklaim kondisi di Papua dan Papua Barat mulai aman. Ribuan personel gabungan masih bersiaga mengamankan sejumlah ...

Ist.
Beritabatavia.com - KAPOLRI Jenderal Tito Karnavian mengklaim kondisi di Papua dan Papua Barat mulai aman. Ribuan personel gabungan masih bersiaga mengamankan sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat.  Meski demikian  Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan bertolak ke Papua, pada Senin, 2 September 2019.

"Saya sendiri dengan Bapak Panglima kemungkinan besar besok akan turun tangan bertolak ke sana (Papua-Red) untuk mengendalikan betul-betul situasi agar terkendali dan melakukan langkah penegakan hukum. Bahkan sepekan saya akan berkantor sementara di sana (Papua - Red),  hingga kondisi keamanan dan ketertiban sudah dipastikan kondusif. " tegas Kapolri disela-sela HUT Polwan ke 71 di Lapangan Promoter Polda Metro Jaya, Ahad (1/9/2019).

Langkah ditempuh Kapolri ini belajar dari kerusuhan 21 dan 22 Mei di Jakarta. Karenanya, Kapolri tak mau terkecoh dengan embel-embel aksi damai saat demo "Sama seperti yang saya lakukan pada waktu setelah peristiwa 21, 22, 23 Mei Bawaslu lalu, saya larang untuk melakukan aksi unjuk rasa di Bawaslu, kenapa? Kita toleransi disalahgunakan, ini juga sama ditoleransi disalahgunakan, ya kita tidak mau ini ketertiban publik menjadi taruhannya," papar Kapolri serius.
 
Selama berkantor di Papua, lanjut Kapolri, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kapolda Papua dan Papua Barat untuk melarang demonstrasi agar tak timbul kericuhan. "Saya sudah perintahkan kepada Kapolda Papua dan Papua Barat untuk mengeluarkan maklumat larangan demonstrasi atau unjuk rasa yang potensial anarkis," tandas mantan Kapolda Papua.
 
Dikatakan, saat ini hampir 6000 personel gabungan TNI Polri masih bersiaga mengamankan sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat. "Pasukan dari Polri maupun TNI yang sudah turun ke Papua dan Papua Barat. Mereka berada di Jayapura, Manokwari, Sorong, kemudian di Paniai, Deiyai, Nabire, kemudian di Fakfak, tapi kita stand by-kan juga pesawat dari Polri maupun TNI termasuk helikopter kalau seandainya diperlukan,"
 
Dalam menangani aksi demo Papua, tambah Kapolri, Kepolisian mengedepankan penyekatan konflik di Papua. Polisi dan sejumlah tokoh masih berdialog dengan masyarakat. "Banyak pihak termasuk paguyuban dan masyarakat dan masyarakat Papua yang asli juga sudah melakukan banyak dialog, dan mereka menginginkan kedamaian di bumi Cendrawasih," sambungnya.

Dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Wanita (Polwan) ke-71 di Jakarta, Kapolri meminta seluruh anggota agar mendoakan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri yang bertugas mengamankan Papua. "Kita sama-sama mengirimkan doa kepada seluruh anggota TNI-Polri yang sedang bertugas di papua dalam rangka mengamanlan Papua yang kemarin situasinya mengalami gangguan," pintanya.

Diakui, dalam menjalankan tugas negara, ada anggota TNI  satu di antaranya Serda Rikson Edy Candra dari personel TNI AD maupun Polri yang gugur dalam tugas mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang maha Kuada dan para korban yang mengalami luka-luka  segera sembuh. "Semoga Indonesia dari Sabang sampai Merauke aman tekendali dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Kapolri Tito juga berharap situasi di Papua segera kondusif. Dia berharap agar situasi di Indonesia dari Sabang sampai Merauke tetap dalam keadaan aman di bawah NKRI. "Kita juga berdoa mudah-mudahan situasi Indonesia semuanya dari Sabang sampai Merauke tetap dalam keadaan aman dan terkendali di bawah kerangka NKRI," tandasnya. 0 END


Berita Lainnya
Rabu, 09 Oktober 2019
Selasa, 08 Oktober 2019
Senin, 07 Oktober 2019
Sabtu, 05 Oktober 2019
Sabtu, 05 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Kamis, 03 Oktober 2019
Rabu, 02 Oktober 2019
Selasa, 01 Oktober 2019
Senin, 30 September 2019