Rabu, 11 September 2019

Kamis Siang, Jenazah BJ Habibie Dimakamkan di TMP Kalibata

Kamis Siang, Jenazah BJ Habibie Dimakamkan di TMP Kalibata

Beritabatavia.com - Berita tentang Kamis Siang, Jenazah BJ Habibie Dimakamkan di TMP Kalibata

Innalillahi Wa Innailahi Rojiun. Mantan Presiden Republik Indonesia Ketiga BJ Habibie menutup mata selamanya d  di ruang ICU Rumah Sakit Pusat ...

Ist.
Beritabatavia.com - Innalillahi Wa Innailahi Rojiun. Mantan Presiden Republik Indonesia Ketiga BJ Habibie menutup mata selamanya dĀ  di ruang ICU Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta Pusat Sejak Senin lalu. Habibie meninggal karena penurunan fungsi tubuh dan gagal jantung. Kamis siang (12/09/2019), janazah bakal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Makam BJ Habibie berdekatan dengan istrinya Hasri Ainun Besari yang lebih dulu meninggal dunia pada tahun 2010.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengatakan pihak keluarga sepakat menyerahkan jenazah kepada negara besok pukul 12.30 WIB.
"Disepakati dengan keluarga untuk besok upacara penyerahan dari keluarga kepada negara itu pada pukul 12.30," kata Ngabalin di rumah duka, Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Rabu malam, 11 September 2019.

Ngabalin memaparkan, jenazah akan dibawa ke TMP Kalibata sekitar pukul 13.00 WIB. Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi akan memimpin langsung upacara pemakaman satu jam setelahnya. Jenazah bakal diturunkan ke liang lahat oleh anak sulung Habibie, Ilham Akbar Habibie. Acara dilanjutkan dengan taburan bunga dan pidato dari keluarga yang diwakili oleh anak kedua Habibie, Thareq Kemal Habibie. "Itu kesepakatan yang kami koordinasi dengan keluarga," ujar Ngabalin.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakanĀ  Wafatnya Presiden Republik Indonesia ke-3 BJ Habibie, membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari ke depan. Penetapan itu merupakan amanat undang-undang. "Kami menetapkan untuk hari berkabung nasional selama tiga hari sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang mulai besok hingga lusa 14 September," kata Pratikno di rumah duka di Jalan Patrajasa, Kuningan, Jakarta Selatan,

Dihimbau semua lapisan masyarakat, pimpinan lembaga negara dan pemerintahan untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama masa berkabung.
"Ini adalah hari berkabung nasional selama tiga hari."

Dilanjutkan, upacara pemakaman Habibie akan dilaksanakannya mulai dari rumahnya di Jalan Patrajasa XIII hingga di lokasi pemakaman. "Upacara di TMP (Kalibata) akan dipimpin oleh Bapak Presiden," kata Pratikno di kediaman Habibie.

Menurut Pratikno, Presiden Jokowi telah memberi perhatian khusus semenjak Habibie dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Bahkan, Pratikno langsung memeriksa sendiri tim dokter kepresidenannya untuk bekerja semaksimal mungkin. "Pak presiden juga sudah beberapa kali besuk. Tadi sore juga beliau menjelang maghrib juga membesuk."

Habibie wafat pada usia 83 tahun setelah menjalani perawatan di ruang ICU Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta Pusat Sejak Senin lalu. Dia meninggal karena penurunan fungsi tubuh dan gagal jantung. BJ Habibie merupakan Presiden Indonesia saat transisi dari Orde Baru ke era Reformasi. Dia menggantikan Soeharto yang saat itu dipaksa mengundurkan diri.

Semasa hidupnya, BJ Habibie juga pernah menjabat berbagai jabatan penting seperti CEO Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) hingga Menteri Riset dan Teknologi sebelum akhirnya mendampingi Soeharto sebagai wakil presiden pada 1998. BJ Habibie merupakan Presiden Indonesia saat transisi dari Orde Baru ke era Reformasi. Dia menggantikan Soeharto yang saat itu terpaksa mengundurkan diri. 0 ERZ


Berita Lainnya
Rabu, 09 Oktober 2019
Selasa, 08 Oktober 2019
Senin, 07 Oktober 2019
Sabtu, 05 Oktober 2019
Sabtu, 05 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Kamis, 03 Oktober 2019
Rabu, 02 Oktober 2019
Selasa, 01 Oktober 2019
Senin, 30 September 2019