Kamis, 12 September 2019

Khidmat, Prosesi Pemakaman Habibie

Khidmat, Prosesi Pemakaman Habibie

Beritabatavia.com - Berita tentang Khidmat, Prosesi Pemakaman Habibie

SUASANA khidmat mengiringi prosesi pemakaman Presiden Ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Malam Pahlawan Kalibata, Jakarta ...

Ist.
Beritabatavia.com - SUASANA khidmat mengiringi prosesi pemakaman Presiden Ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Malam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/09) siang.  Prosesi pemakaman berlangsung pukul 14.00. Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara pemakaman Habibie secara militer.

Selama prosesi pemakaman, pusara Habibie dikelilingi 10 orang prajurit. Mereka berasal dari kesatuan TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Polri. Seratusan tamu undangan menghadiri pemakaman tersebut, mulai dari keluarga besar, para tokoh, mantan pejabat negara, pejabat Kabinet Kerja, hingga sejumlah duta besar dari berbagai negara sahabat.

Diawali dengan penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah. Dilanjutkan, pembacaan riwayat hidup BJ Habibie oleh petugas upacara, kemudian pembacaan apel persada yang dibacakan langsung oleh Kepala Negara di depan para pelayat dan masyarakat yang memadati Taman Makam Pahlawan.

"Saya Presiden Republik Indonesia atas nama negara, bangsa dan tentara nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan apel persada, Ibi Pertiwi, jiwa raga, dan jasa almarhum. Nama Profesor Doktor Ing Hj Bacharuddin Jusuf Habibie, jabatan Presiden ke-3 RI," papar Jokowi.

"Semoga jalan Darma Bhakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan dan arwahnya mendapat tempat semestinya di alam baka. Jakarta, , 12 September 2019, irup, Presiden Republik Indonesia," ungkapnya.

Jenazah BJ Habibie yang diselimuti kain merah putih kemudian diturunkan secara perlahan ke dalam liang lahat, tepat di samping makam mendiang sang istri Hasri Ainun Habibie. Kedua anak kandung BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie pun turun langsung ke liang lahat untuk mengantarkan jenazah sang ayah ke tempat peristirahatannya terakhir.

Prosesi ini disaksikan Wapres Yusuf Kalla bersama isteri Mufida Kalla, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden Indonesia ke-6 RI Susilo Bambang Yudhyono, mantan Ibu Negara sekaligus istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, yakni Sinta Nuriyah Wahid, juga  para mantan Wakil Presiden Seperti Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan Budiono. Selain itu, jajaran menteri dan kepala daerah, pimpinan lembaga negara, serta duta besar negara sahabat.

Prosesi pemakaman kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga oleh keluarga besar BJ Habibie dengan diiringi oleh lagu Gugur Bunga. Prosesi dilanjutkan dengan penimbunan liang lahat yang dilakukan Jokowi selaku inspektur upacara dan Ilham Habibie dari pihak keluarga. Jokowi lantas meletakkan karangan bunga atas nama negara dan bangsa di makam BJ Habibie, yang dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dari pihak keluarga.

Habibie dimakamkan persis di samping pusara istrinya almarhumah Hasri Ainun Besari. Istrinya lebih dulu meninggal dunia di Jerman pada 22 Mei 2010. Keduanya bersanding di kuburan nomor 120 - 121 Blok M. B.J. Habibie meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019) pukul 18.03 WIB.

Semasa baktinya, B.J. Habibie sempat dipercaya sebagai Menteri Riset dan Teknologi era Soeharto pada 1978 hingga Maret 1998. Setelah itu dia diangkat sebagai Wakil Presiden mendampingi Soeharto.

Habibie ditunjuk sebagai Presiden saat Soeharto turun dari jabatan pada 21 Mei 1998. Di saat memimpin Indonesia, ayah dari Ilham dan Thareq Habibie ini mengembangkan berbagai industri di dalam negeri termasuk kedirgantaraan Indonesia
Berita Lainnya
Rabu, 09 Oktober 2019
Selasa, 08 Oktober 2019
Senin, 07 Oktober 2019
Sabtu, 05 Oktober 2019
Sabtu, 05 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Kamis, 03 Oktober 2019
Rabu, 02 Oktober 2019
Selasa, 01 Oktober 2019
Senin, 30 September 2019