Senin, 23 September 2019

Papua Kembali Rusuh

Papua Kembali Rusuh

Beritabatavia.com - Berita tentang Papua Kembali Rusuh

Beberapa hari suasana di Papua sempat kondusif, kini bergejolak lagi. Aksi unjuk rasa siswa di Kota Wamena, Papua, Senin (23/9/2019) berujung rusuh. ...

Ist.
Beritabatavia.com - Beberapa hari suasana di Papua sempat kondusif, kini bergejolak lagi. Aksi unjuk rasa siswa di Kota Wamena, Papua, Senin (23/9/2019) berujung rusuh. Para demonstran bersikap anarkistis hingga membakar rumah warga, kantor pemerintah, PLN dan beberapa kios masyarakat.

Unjuk rasa yang berujung rusuh itu diduga dipicu oleh perkataan bernada rasial seorang guru terhadap siswanya di Wamena.  Hal ini membuat siswa marah hingga kemudian kabar itu meluas dan memicu aksi unjuk rasa pelajar di Kota Wamena. "Sampai saat ini, Wamena masih dikuasai pelajar yang berunjuk rasa," kata Jhon seperti dilansir laman Kompas.

John melaporkan, aparat kepolisian dan TNI berusaha memukul mundur siswa demonstran. Hal itu berlangsung sekitar 4 jam. Namun siswa demonstran tetap bertahan dan kian bertindak anarkistis, "Suara tembakan terdengar di mana-mana selama 3 jam," kata John.

Memang dalam percakapan dengan John, terdengar suara rentetan tembakan senjata api. Sampai saat ini, aktivitas di Kota Wamena lumpuh. Masyarakat memilih mengungsi di kantor Polres Wamena dan Kodim.

Akibat kerusuhan ini, sebanyak tiga penerbangan menuju Bandara Wamena, Papua ditunda pada Senin (23/09/2019) menyusul kerusuhan yang kembali memanas di Kota Wamena, Papua.  "Tiga penerbangan dari Jayapura ke Wamena ditunda. Mungkin penerbangan akan dialihkan nanti siang," ujar Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I Wamena Joko Dekai.

Meski terjadi penundaan penerbangan, Joko memastikan kondisi bandara aman. Operasional bandara juga berjalan seperti biasa. Saat ini, pihaknya memastikan tidak menutup kegiatan di bandara. Pasca penundaan jadwal penerbangan dilakukan, sampai berita ini ditulis. "Hingga kini belum ada pesawat yang mendarat di Wamena. Maskapai mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan penumpang," lontarnya.

Joko memastikan saat ini kondisi di sekitar Kota Wamena telah mulai membaik. Bandara Wamena yang letaknya 1 kilometer dari pusat kota juga dipastikan berada dalam keadaan aman. Bandara Wamena, Papua melayani rute penerbangan domestik dan perintis. "Rute domestik paling besar ke Jayapura," ujar Joko.

Penerbangan dari dan menuju Jayapura dilayani dengan pesawat Wings Air dan Trigana Air. Sedangkan penumpang pesawat perintis diangkut menggunakan Susi Air, Sam Air, dan Dominim Air. Sementara penerbangan kargo dilayani menggunakan pesawat Trigana Air, Jayawijaya Air, My Indo Air, dan Deraya Air. Joko mencatat, UPBU Wamena melayani 120 pergerakan pesawat setiap hari. 0 erz

Berita Lainnya
Sabtu, 05 Oktober 2019
Sabtu, 05 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Kamis, 03 Oktober 2019
Rabu, 02 Oktober 2019
Selasa, 01 Oktober 2019
Senin, 30 September 2019
Minggu, 29 September 2019
Sabtu, 28 September 2019
Jumat, 27 September 2019