Kamis, 26 September 2019 13:13:28

Padmamitra+ Awards, Langkah DKI Hargai Perusahaan Terapkan CSR

Padmamitra+ Awards, Langkah DKI Hargai Perusahaan Terapkan CSR

Beritabatavia.com - Berita tentang Padmamitra+ Awards, Langkah DKI Hargai Perusahaan Terapkan CSR

SEKITAR  60 perusahaan  menjadi peserta Padmamitra+ Awards 2019. Sebuah penghargaan untuk program tanggung jawab sosial perusahaan atau ...

  Padmamitra+ Awards, Langkah DKI Hargai Perusahaan Terapkan CSR Ist.
Beritabatavia.com - SEKITAR  60 perusahaan  menjadi peserta Padmamitra+ Awards 2019. Sebuah penghargaan untuk program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). Gelaran  Padmamitra + Awards ini digelar dua tahun sekali dan pengumuman pemenang pada 2 November 2019.

Kami bangga dengan kehadiran Padmamitra Awards ini. Event yang diinisiasi Forum CSR DKI Jakarta yang menjadi mitra kami dalam menyelenggarakan Padmamitra memiliki tujuan yang mulia dalam meningkatkan kesejahteraan sosial sekaligus membantu tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, papar Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah dalam keterangan resminya, Rabu (25/09/2019).

Diakui, dalam melaksanakan pembangunan sosial, memang membutuhkan kontribusi berbagai pihak, baik pemerintah, perusahaan dan masyarakat. Kegiatan-kegiatan tanggung jawab bersama ini menjadi hal yang tidak bisa lagi dikesampingkan, ini bentuk kepedulian kita semua. Ini juga sebagai upaya mewujudkan visi Kota Jakarta ini, maju kotanya bahagia warganya, lontarnya.

Ketua Panitia Sustain Ability Fest 2019, Rio Zaakrias menjelaskan ini merupakan kali ketiga Padmamitra+ Awards dilaksanakan, setelah sebelumnya dilakukan pada 2015 dan 2017. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini Padmamitra+ Awards menyiapkan 15 kategori yang dilombakan.

Tujuh kategori yang sudah ada sebelumnya yaitu Penanggulangan Masalah Kemiskinan, Penanggulangan Masalah Keterlantaran, Penanggulangan Masalah Disabilitas, Penanggulangan Masalah Keterpencilan, Penanggulangan Masalah Ketunaan Sosial atau penyimpangan perilaku, Penanggulangan Korban Bencana, dan Penanggulangan Masalah Korban Tindak Kekerasan Eksploitasi dan Diskriminasi. 

Ke delapan kategori tambahan yang dilombakan dalam Padmamitra Awards 2019 ini adalah Program Sosial yang Memberikan Dampak Berkelanjutan, Penyelamatan Keanekaragaman Hayati dan Penyelamatan Lingkungan, Penyelesaian Stunting, Keberlanjutan di dalam Rantai Nilai Organisasi, Inovasi Sosial, Inovasi Digital, Kontribusi di dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dan Kemitraan untuk Keberlanjutan, tambahnya.

Itulah mengapa, kami beri nama Padmamitra Plus Award, karena ada tambahan kategori yang dilombakan. Ternyata kali ini jumlah pesertanya meningkat dibandingkan tahun sebelumnya hanya 20 peserta perusahaan. Dengan event ini diharapkan tahun-tahun mendatang jumlah pesertanya lebih banyak lagi, karena masalah CSR merupakan masalah yang sangat penting dan memiliki nilai strategis, sambungnya. 

Dikatakan, Rangkaian Sustain Ability Fest 2019 yang diawali dengan sosialialisasi, registrasi peserta dan audiensi dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Sebelumya sosialisasi Padmamitra+ Awards yang telah dilakukan yakni kunjungan ke beberapa perusahaan serta Community Action dan donation berupa bakti sosial ke panti sosial tuna netra bina cahaya batin, sharing session : digital innovation in industrial 4.0 for sustainable future  & Restorasi kerang hijau berkolaborasi dengan PT Pembangunan Jaya Ancol.

Pada 30 September 2019, 60 perusahaan akan memasuki tahap seleksi dokumen. Kriteria penilaiannya terkait kebijakan dan struktur program pemberdayaan sosial, perencanaan program pemberdayaan sosial, pelaksanaan dan monitoring evaluasi program, hasil pelaksanaan program pemberdayaan sosial, evaluasi dampak dan komunikasi, serta kategori spesifik yang dipilih.

Pada Oktober 2019, para peserta yang lolos seleksi akan melakukan tahapan seleksi lanjutan yakni presentasi di hadapan Dewan Juri,  sementara Pengumuman dan Malam Penghargaan Padmamitra+ Awards akan dilakukan pada 2 November 2019 mendatang. Presentasinya terkait dengan hasil dokumen yang telah dilaporkan. Sementara untuk bobot penilaian untuk dokumen dan Presentasi masing-masing sebesar 50%, lontarnya.

Sementara Ketua Forum CSR DKI Jakarta, Mahir Bayasut menambahkan Padmamitra+ Awards, merupakan bagian dari Rangkaian Sustain Ability Fest 2019, dimana penghargaan diberikan kepada dunia usaha, baik perusahaan BUMN dan BUMD serta anak perusahaannya, organisasi masyarakat, Yayasan, Lembaga Non Profit yang telah berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial dan tujuan pembangunan berkelanjutan di wilayahnya,

Dalam hal ini Provinsi DKI Jakarta. Hal tersebut tentunya sesuai dengan UU No.40 Tahun 2007, tentang Perseroan Terbatas dan PP No.47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas dan Peraturan Menteri Sosial Nomor 6 tahun 2016 tentang Tanggung Jawab Sosial Badan Usaha Dalam Penyelenggaran Kesejahteraan Sosial, ungkapnya.

Mahir Bayasut mengakui  penyelenggaraan Padmamitra+ Awards di tahun 2019 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain pihak pelaksana, tema dan jumlah kategori yang dilombakan pun berbeda.  Perbedaan Padmamitra+  Awards tahun 2019 yaitu kategori penghargaan yang sebelumnya hanya 7 kategori, saat ini bertambah menjadi 15 kategori untuk lebih memberikan apresiasi kepada setiap insan perusahaan/organisasi/lembaga/NGO, ujar Mahir. 0 EEE
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 02 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019
Senin, 30 Desember 2019
Rabu, 25 Desember 2019
Selasa, 24 Desember 2019
Minggu, 22 Desember 2019
Jumat, 20 Desember 2019
Rabu, 11 Desember 2019
Selasa, 10 Desember 2019
Senin, 09 Desember 2019
Sabtu, 07 Desember 2019
Kamis, 05 Desember 2019