Selasa, 01 Oktober 2019 12:38:47

519 Perusuh Demo DPR Ditangkap

519 Perusuh Demo DPR Ditangkap

Beritabatavia.com - Berita tentang 519 Perusuh Demo DPR Ditangkap

KEPOLISIAN menangkap  setidaknya 519 orang terkait aksi unjuk rasa di depan gedung DPR/MPR RI, pada Senin (30/9) sejak siang hingga malam hari. ...

519 Perusuh Demo DPR Ditangkap Ist.
Beritabatavia.com - KEPOLISIAN menangkapĀ  setidaknya 519 orang terkait aksi unjuk rasa di depan gedung DPR/MPR RI, pada Senin (30/9) sejak siang hingga malam hari. Mereka ditangkap karena diduga membuat kerusuhan di beberapa titik di wilayah Polda Metro Jaya serta jajaran tiga Polres, yakni Polres Jakarta Utara, Polres Jakarta Pusat, dan Polres Jakarta Barat.

Total sudah ada 519 orang yang diamankan dan masih dimintai keterangan, ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono melalui keterangan tertulis, Selasa (1/10).

Sementara itu, terdapat juga pelajar gadungan yang juga ditangkap saat aksi unjuk rasa kemarin. Namun, ia belum mau membeberkan jumlah okum tersebut. Sedang didata, kata Argo.

Di Polres Metro Jakarta Utara, seorang sekuriti yang menyamar menjadi siswa SMA diamankan pada Senin (30/9/2019). Pria berinisial RH (22) itu mengaku menyamar jadi siswa SMA karena mendapat iming-iming uang Rp 40.000 jika ikut aksi demo di depan Gedung DPR, Dapat info dari WhatsApp, katanya Rp 40.000 dibayarnya, kata RH kepada wartawan di halaman Polres Metro Jakarta Utara.

RH bekerja sebagai sekuriti di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Pada Minggu (29/9/2019) malam, ia mengaku mendapatkan pesan singkat dari salah seorang rekannya. Pesan itu ajakan untuk ikut demo menggunakan seragam pelajar menuju Gedung DPR RI.

Berdasarkan pesan WhatsApp tersebut, ia mengaku akan diberikan uang Rp 40.000 tersebut setelah demo di Gedung DPR selesai. Namun saat ikut bergabung bergerak bersama siswa SMA lain di sekitaran Tanjung Priok, ia justru terjaring razia polisi. Saya berangkat berlima tadi, cuma ini tadi sama-sama aja (dengan siswa). Berangkatnya BM-BMan (menumpang kontainer), ujarnya.

Selain pelajar SMA-SMK yang hendak berdemo ke DPR RI, juga terdapat siswa SMP yang ikut diringkus polisi. Seorang pelajar SMP bernama SS (16) mengaku dirinya tak berniat ikutan berdemo, melainkan hanya ingin jalan-jalan ke Gedung DPR RI. Iya gak ada niat demo, tapi cuma mau tau aja jalan-jalan ke gedung DPR, ujar di kepada Wartakota saat ditanyai di halaman Mapolresta Jakarta Utara.

Dirinya juga menyesal dengan kejadian ini. Apalagi, kata dia orangtuanya nanti akan marah jika mengetahui hal ini telah terjadi. Nyesel, seharusnya gak ikut-ikutan teman. Bapak juga nanti pasti marah ke saya, jelas dia seraya dengan menundukan kepalanya.

Sementara itu, pelajar SMP lainnya berinisial MN (16) mengatakan hal ini dilakukannya tak memiliki tujuan yang jelas. Iya, saya cuma ikut-ikutan aja diajak temen juga, ungkap dia.

Namun, ada pelajar SMP lainnya bernama AA (17) yang menambahkan, aksi ini dilakukan karena diiming-imingi uang imbalan. Iya dari grup Whatsup katanya dapat uang makanya saya ikut-ikutan saja ke sana, ungkapnya

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto mengaku bahwa puluhan pelajar yang ditangkap dikembalikan ke orangtua dan pihak sekolah. Kita amankan pelajar itu dan kita kembalikan mereka, ujar Budhi saat ditemui di kantornya.

Dilanjutkan, orangtua pelajar ini juga dimohon untuk membawa foto copy KTP dan Kartu Keluarga (KK) saat melapor ke Polres Jakut. Jika memang sudah datang orangtua pelajar itu dimohon untuk foto copy KTP, KK agar memastikan itu merupakan keluarganya bukan oranglain, katanya.

Tak hanya itu, puluhan pelajar yang ditangkap itu juga untuk berjanji depan orangtua dan pihak sekolah agar tak mengulangi kejadian serupa di kemudian hari. 0 ERZ



Berita Lainnya
Rabu, 12 Agustus 2020
Jumat, 07 Agustus 2020
Kamis, 06 Agustus 2020
Sabtu, 25 Juli 2020
Kamis, 23 Juli 2020
Rabu, 22 Juli 2020
Minggu, 19 Juli 2020
Kamis, 16 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020