Kamis, 24 Oktober 2019 11:34:56

Menteri BUMN Erick Thohir Soroti Bisnis Model Sarinah

Menteri BUMN Erick Thohir Soroti Bisnis Model Sarinah

Beritabatavia.com - Berita tentang Menteri BUMN Erick Thohir Soroti Bisnis Model Sarinah

MENTERI Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir mengkritik bisnis model yang saat ini dijalankan oleh PT Sarinah (Persero). Bisnis model PT ...

 Menteri BUMN Erick Thohir Soroti Bisnis Model Sarinah Ist.
Beritabatavia.com - MENTERI Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir mengkritik bisnis model yang saat ini dijalankan oleh PT Sarinah (Persero). Bisnis model PT Sarinah sudah ketinggalan jaman. Sarinah sendiri merupakan perusahaan plat merah yang bergerak di bidang ritel.

Paling mudah Sarinah contohnya. Di era e-commerce, kita masih jual ritel seperti old days. Ya enggak bisa, papar  mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10/2019) malam.

Menteri Erick menginginkan bisnis model Sarinah harus diubah.  Sarinah bisa berkolaborasi dengan perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia. Mungkin kita bisa kerja sama dengan e-commerce yang sudah gede seperti Tokopedia. Sarinah (bisa) menjadi titik distribusi bersama Pos Indonesia, kata pria berusia 49 tahun itu.

Menurut Erick, Sarinah tak perlu ikut-ikutan membuat perusahaan e-commerce. Jika hal tersebut dilakukan, Sarinah pasti kalah dengan perusahaan e-commerce yang lebih dahulu muncul. Ngapain kita sok bikin seperti Tokopedia, ya pasti kalah. Tapi kan Tokopedia perlu gudang, nah gudangnya disediakan BUMN saja, ucap mantan Ketua INASGOC itu.

Sebelumnya  Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sudiarta Yasa  mengaku PT Sarinah (Persero) telah menyiapkan strategi untuk bisa bertahan di tengah lesunya bisnis ritel modern akibat perubahan perilaku konsumen di Indonesia. Untuk menarik pengunjung berbelanja, perusahaan ritel pelat merah tersebut melakukan perombakan display produknya.

Kalo disruption, online kini marak, banyak ritel yang tutup. Sarinah tetap eksis. Menyiasati caranya dengan melakukan pembenahan di toko. Dibanding 3-4 tahun lalu sekarang kami mempercantik produk display. Sekarang lebih tertata, ujarnya seperti dilansir laman Kompas.

Ngurah menambahkan, untuk menarik pengunjung datang ke Sarinah, perseroannya juga mengadakan event. Misalnya, belum lama ini Sarinah menggandeng para perancang busana muda untuk mengadakan fashion show. Kami juga punya produk yang unik yang dibuat dari warga binaan penjara. Itu cukup diminati wisman. Produk kita kurasi terus. Di lantai UG ada produk-produk unggulan Indonesia, ada (pusat) kuliner juga. Kita juga akan kerja sama dengan komunitas kopi Indonesia, kata Ngurah.

Tak hanya itu, lanjut Ngurah, pihaknya juga menggandeng marketplace terkemuka di Indonesia untuk memasarkan produknya. Melalui marketplace tersebut pembeli bisa berbelanja produk dari mita UMKM Sarinah. Kami bukan pelaku utama dan online ini butuh investor. Karena itu kami dalam waktu dekat kami sudah rencanakan untuk joint operation dengan salah satu investor yang bisa mendukung Sarinah, ucap dia. 0 KMP



Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 08 Juli 2020
Rabu, 13 Mei 2020
Rabu, 22 April 2020
Jumat, 17 April 2020
Jumat, 27 Maret 2020
Kamis, 12 Maret 2020
Sabtu, 01 Februari 2020
Kamis, 23 Januari 2020
Rabu, 22 Januari 2020
Senin, 20 Januari 2020
Sabtu, 18 Januari 2020
Kamis, 16 Januari 2020